Home / ACEH / Fokal Salurkan 1.200 Buku di Aceh

Fokal Salurkan 1.200 Buku di Aceh

Foto: Istimewa.

KLIKKABAR.COM, ACEH SELATAN – Yayasan Forum Komunikasi Alumni Lhokseumawe (FoKAL) kembali menyalurkan bantuan berupa buku bacaan kepada perpusatakaan sekolah yang ada di Aceh.

Program ‘Sejuta Buku Untuk Aceh’ itu merupakan tahapan IX dan penyaluran kali ini diprioritaskan terhadap sekolah-sekolah yang ada di Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Subulussalam.

Ketua Pelaksana, Said Rulam, berpesan kepada para siswa untuk selalu meningkatkan minat dan daya baca mereka. Upaya dan kerja keras FoKAL selama ini dilakukan semata-mata hanya untuk berusaha meningkatkan mutu pendidikan Aceh menjadi lebih baik di masa mendatang.

Di sisi lain, masalah minat baca dikatakannya juga menjadi perhatian yang sangat penting dimana Indonesia saat ini berada di peringkat ke 60 dengan minat baca dan rendahnyan literasi dibandingkan dengan negara-negara lain di seluruh dunia.

“Di Aceh, tingkat minat baca juga rendah jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Ini semua mendorong kami untuk terus berbuat dan berusaha memberikan yang terbaik melalui program Sejuta Buku,” kata Said Ruslam saat menyalurkan program Sejuta Buku secara simbolis di SMKN 1 Tapaktuan, Aceh Selatan, Kamis (10/5).

Kegiatan ini didukung oleh PT. Aube Gagas Ide, PT Sunzu Global Data Rizqy, Baitul Mal, PLN, DPD RI, CV. Areka Jaya Mandiri, Penerbit Republika, Jambo Kupi dan The Atjeh Connection.

Sebanyak 1.200 buku yang diserahkan dalam kesempatan itu terdiri dari buku leadership dalam dunia pendidikan, buku motivasi dan pengembangan diri , buku agama Islam, biografi tokoh dunia dan nasional, sejarah/sastra Aceh, ekonomi, psikologi dan ilmu pengetahuan teknologi.

Sekolah-sekolah yang menerima bantuan tersebut antara lain SMKN 1 Tapaktuan, SMAN 1 Sama Dua, Madrasah Aliyah Swasta Labuhan Haji, Madrasah Aliyah Negeri 2 Subulussalam, SMAN 1 Singkil  dan SMAN Singkil Utara.