Home / ACEH / BREAKING NEWS: 83 Muslim Rohingya Terdampar di Bireuen

BREAKING NEWS: 83 Muslim Rohingya Terdampar di Bireuen

Muslim Rohingya yang terdampar di Kuala Raja, Bireuen, Aceh, Jum’at, 20 April 2018. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM, BIREUEN – Puluhan kaum minoritas Muslim Rohingya dikabarkan terdampar di Pantai Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Jum’at, 20 April 2018.

Setelah puluhan tahun mengalami penyiksaan, kekerasan terhadap Msulim Rohingya mulai marak terjadi lagi pada Agustus 2017 lalu sesudah kalangan militan Rohingya, Tentara Penyelamatan Rohingya Arakan (ARSA), menyerang sejumlah pos polisi serta menewaskan 12 petugas.

Mulai saat itu, diperkirakan lebih dari 800.000 Muslim Rohingya menyelamatkan diri ke luar Myanmar. Sebagian besar dari mereka menjadikan Bangladesh sebagai tujuan.

Kapolres Bireuen AKBP Riza Yulianto, SE, SH, melalui Wakapolres Kompol Carlie Syahputra Bustamam, SIK,saat dihubungi Klikkabar.com membenarkan perihal kejadian tersebut.

“Benar. Saat ini saya sudah berada di lokasi,” katanya saat dihubungi via layanan Whatsapp, Jum’at (20/4).

Kapal yang digunakan kaum Muslim Rohingya yang terdampar di Bireuen, Aceh, Jum’at (20/4). (Foto: Istimewa)

Ia mengatakan, kaum Muslim Rohingya yang terdampar siang tadi berjumlah kurang lebih sekitar 83 orang. Mereka mendarat di bibir pantai setelah kapal yang mereka tumpangi, bersandar sekitar pukul 14.30 WIB siang tadi.

“Saat ini sedang di data oleh petugas terkait. Wakil Bupati, Dinas Kesehatan serta TNI dan Polri juga sudah ada di lokasi,” kata Kompol Carlie Syahputra Bustamam, SIK.

Sebelumnya, lima warga Muslim Rohingya juga ditemukan oleh nelayan dan tiba di Kuala Idi, Aceh Timur, Jum’at, 6 April 2018. Sebelum diselamatkan, mereka terombang ambing di lautan lepas sekitar 178 mil dari bibir pantai Idi.

ZAMZAMI ALI

Baca Juga: Lima Muslim Rohingya Diselamatkan Nelayan Aceh Timur

Pengakuan Mengejutkan Muslim Rohingya yang Diselamatkan di Aceh Timur