Home / ACEH / PWI – FKL Gelar Pelatihan Jurnalistik Lingkungan

PWI – FKL Gelar Pelatihan Jurnalistik Lingkungan

 

Foto bersama peserta dan pemateri pelatihan jurnalistik lingkungan di Aceh Timur, Mingguu, 15 April 2018.

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Aceh Timur bekerjasama dengan lembaga Forum Konservasi Leuser (FKL) menggelar Pelatihan Jurnalistik Lingkungan.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Save Forest For A Better Life’ digelar 14-15 April di Aula Hotel Khalifah Idi, Kabupaten Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib melalui Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, M. Amin, SH, MH, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut, karena melalui gerakan bersama dapat menyelamatkan lingkungan dengan cara membangun kesadaran publik dana masyarakat secara intensif.

“Jurnalis harus menjadi ujung tombak membangun pola piker masyarakat dan pemangku kebijakan agar lebih peka terhadap lingkungan,” kata M. Amin.

Dikatakan, bahwa realita saat ini isu lingkungan belum menjadi hal yang menarik bagi media. Bahkan isu lingkungan kalah tenar disbanding politik, hukum dan criminal yang kerap dijumpai diberbagai media cetak, online, radio maupun televisi.

“Padahal isu lingkungan juga penuh dengan kejahatan yang bahaya jika terus dibiarkan,” kata M. Amin.

Foto bersama peserta dan pemateri pelatihan jurnalistik lingkungan di Aceh Timur, Sabtu, 14 April 2018.

Sementara Ketua PWI Aceh Timur, Musyawir, dalam laporan sebelumnya mengatakan, peserta pelatihan kali ini diprioritaskan untuk wartawan-wartawan yang baru berkecimpung di dunia jurnalistik, terutama jurnalis yang kerap menyajikan isu-isu lingkungan.

“Kerjasama ini kita harap berlanjut dimasa yang akan datang, sehingga para jurnalis lingkungan dapat menyerap ilmu secara berkesinambungan dan harapan kita kedepan lebih banyak teman-teman jurnalis yang bisa kita ikutkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini,” ujar Musyawir.

Pelatihan tersebut menghadirkan sejumlah pemateri yang berkompeten seperti Sapto Aji Prabowo (Kepala BKSDA Aceh), Rudi Putra (Manager FKL), Yulia Hardini (Senior Management Team The Forest Trust), Ridzki R. Sigit (Redaksi Mongabay) dan Agung Dwi Nurcahya (HAkA) serta dua pemateri fotografi dari Banda Aceh yakni Chaideer Mahyuddin (AFP) dan Irwansyah Putra (Antara Foto).