Home / ACEH / Pengakuan Mengejutkan Muslim Rohingya yang Diselamatkan di Aceh Timur

Pengakuan Mengejutkan Muslim Rohingya yang Diselamatkan di Aceh Timur

Warga Muslim Rohingya yang diselamatkan oleh nelayan asal Idi, Aceh Timur, Jum’at, 6 April 2018. (Foto: Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Pengakuan mengejutkan datang dari warga Muslim Rohingya yang diselamatkan oleh nelayan Idi, Aceh Timur.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak lima warga Muslim Rohingya ditemukan oleh nelayan asal Idi, Kabupaten Aceh Timur dan tiba di Kuala Idi, Jum’at, 6 April 2018 malam sekitar pukul 01.30 WIB.

Baca: Lima Muslim Rohingya Diselamatkan Nelayan Aceh Timur

Menurut informasi yang diperoleh Klikkabar.com, lima warga Muslim Rohingya asal Myanmar tersebut pertama kali ditemukan oleh KM Kurnia King di perairan Selat Malaka, berjarak sekitar 178 mil dari bibir pantai.

Salah satu warga Idi, Ilyas Ismail yang dihubungi Klikkabar.com mengatakan, kelima warga Muslim Rohingya tersebut terdiri dari 2 orang laki-laki dewasa, 2 perempuan dewasa dan 1 anak-anak.

Kelimanya yakni Muhammad Ilyas (pria, 33 tahun), Umar Syerif (pria, 28 tahun), Kamal Nisun (anak laki-laki, 8 tahun), Syammimah (wanita, 15 tahun) dan Muminah (wanita, 20 tahun).

“Dari pembicaraan singkat saya bersama nelayan, salah satu dari mereka mengaku sudah berada di laut selama kurang lebih 30 hari dan lima rekan mereka telah meninggal di perjalanan,” kata Ilyas Ismail kepada Klikkabar.com, Jum’at (6/4).

Sementara itu, tambahnya, kelima rekan mereka yang telah meninggal dunia karena kelaparan, jenazahnya mau tidak mau langsung dibuang ke laut.

“Cuma informasi itu yang kita dapatkan, karena terkendala faktor bahasa,” ujar Ilyas Ismail.

ZAMZAMI ALI