Home / BERITA TERBARU / April, Korsel-AS Kembali Gelar Latihan Militer Gabungan

April, Korsel-AS Kembali Gelar Latihan Militer Gabungan

Para personel pasukan khusus Korea Utara (Korut) untuk pertama kalinya dipamerkan dalam parade militer besar-besaran di Pyongyang, Sabtu, 15 April 2017. (REUTERS/Damir Sagolj)

KLIKKABAR.COM – Latihan militer gabungan antara Korea Selatan (Korsel) dengan Amerika Serikat (AS) akan kembali digelar. Latihan gabungan ini sempat dihentikan sementara selama Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpik yang dihelat di PyeongChang, Korsel.

Kementerian Korsel mengumumkan bahwa latihan militer gabungan tahunan kedua negara itu akan digelar pada 1 April mendatang.

“Latihan perang musim semi, dengan nama kode Key Resolve dan Foal Eagle, akan dilakukan dalam skala yang sama dengan tahun lalu seperti yang disepakati oleh menteri pertahanan kedua negara,” kata Kementerian Pertahanan Korsel seperti dilansir dari Xinhua, Selasa, 20 Maret 2018.

Komando militer PBB menginformasikan kepada Korsel jadwal untuk latihan tersebut, dengan mengatakan latihan pas komando Key Resolve dan latihan lapangan Foal Eagle bersifat defensif.

Foal Eagle dilaporkan akan berlangsung selama sekitar satu bulan mulai 1 April, sementara Key Resolve akan dilakukan selama dua minggu dari 23 April.

Latihan perang gabungan ini kerap mendapat tentangan dari Korea Utara (Korut). Rezim Pyongyang memandang latihan perang ini sebagai aksi provokasi untuk menginvasi Korut.

Meski begitu, belangan, Korut menyatakan tidak akan melarang latihan perang kedua negara. Hal itu seiring mencairnya ketegangan di Semenanjung Korea dan keinginan pimpin Korut, Kim Jong-un, untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump. Jong-un berjanji akan menghentikan uji coba rudalnya dan tidak akan melarang latihan perang AS-Korsel.**(Sindo)