Home / ACEH / Pidie Resmi Miliki Unit Pelayanan Cuci Darah

Pidie Resmi Miliki Unit Pelayanan Cuci Darah

KLIKKABAR.COM, PIDIE- Rumah Sakit Umum Mufid Pidie kini resmi memiliki unit Hemodialisis atau pelayanan cuci darah, unit itu diresmikan langsung oleh Bupati Pidie Roni Ahmad sekaligus syukuran atas perolehan akreditasi, Sabtu 17 Maret 2018.

Dalam sambutannya, bupati Pidie menyebutkan, kehadiran unit pelayanan cuci darah bagi pasien yang terkena penyakit ginjal kronis dapat membantu masyarakat Pidie yang selama ini mereka berobat ke ibu kota Provinsi Aceh.

“Faktor penyebab masyarakat Pidie harus berurusan dengan cuci darah dikarenakan mengkonsumsi air dengan kadar zat kapur lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain, begitu juga pola makan yang tidak normal sehinga menyebabkan batu karang dan gagal ginjal,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata dia, 80 persen masyarakat saat ini masih terkontaminasi dengan bahan kimia yang terdapat dalam makanan sehari- hari.

“Perlu dirobah ke cara hidup sehat dan rajin berobat,” ujar pria yang kerap disapa Abusyik.

Ia juga menyebutkan, selama beberapa tahun terakhir, jumlah pasien cuci darah di Pidie semakin tinggi, oleh karena itu ia berharap kepada masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup yang bersih dari zat yang membahayakan tubuh, pintanya.

Hadir dalam acara tersebut, unsur SKPD, direktur PT. Mufid, tokoh masyarakat Pidie serta unsur forkopimda.