Home / ACEH / Tiyong Sepakat APBA Dipergub, Berikut Alasannya

Tiyong Sepakat APBA Dipergub, Berikut Alasannya

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH-  Terkait dengan polemik Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2018 yang direncanakan pengesahannya melalui Peraturan Gubernur (Pergub) menuai beragam kritikan dan pandangan.

Seperti diberitakan Media massa selama ini, kritikan tersebut terjadi antara pihak Pemerintah Aceh (TAPA) dengan lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Ternyata tidak secara keseluruhan anggota DPR Aceh menolak APBA tahun 2018 dengan Pergub, salah satunya adalah Samsul Bahri (Tiyong) yang juga anggota Badan Anggaran DPR Aceh.

“Dari ke 81 orang anggota DPR Aceh yang tidak menolak untuk dipergub adalah saya,” kata Tiyong sapaan Samsul Bahri ketika diminta tanggapan, Selasa 13 Maret 2018 di Banda Aceh.

Dia menyatakan, karena jalan yang ditempuh oleh Pemerintah Aceh untuk mensahkan APBA melaluí Pergub juga dibenarkan oleh aturan negara, apabila masa pembahasan antara Banggar dengan TAPA tidak membuahkan hasil.

“Apabila dalam masa yang sudah ditentukan tidak menemukan kesepakatan untuk diqanunkan, maka salah satunya ya dengan cara dipergub,” ujar Samsul Bahri yang juga ketua Harian PNA.

Dikatakannya, walaupun dia hari ini merupakan salah seorang yang sama kenderaan politik dengan pemerintahan sekarang (Gubernur). namun masukan yang diberikannya semua terlepas dari itu.

“Walaupun saya orang yang sama partai dengan gubernur, tapi bukan itu yang kita maksud,” katanya.

Sebabnya, menurut anggota DPRA dari dapil Bireuen ini, masyarakat tidak mengetahui APBA disahkan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) kah maupun dengan cara diqanunkan.

“Masyarakat hanya menginginkan ekonomi tumbuh dan bisa dirasakan dengan sahnya APBA ini,” pungkas Tiyong.

Itu sebabnya, kata Tiyong, dirinya sepakat dengan rencana Pemeritah Aceh untuk segera mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2018 dengan Pergub.

LAPORAN: MUHAMMAD IHSAN