Home / ACEH / Sebar Informasi Hoax Tentang PKI, Pemuda Aceh Timur Diringkus Polisi

Sebar Informasi Hoax Tentang PKI, Pemuda Aceh Timur Diringkus Polisi

Ilustrasi.

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Pihak Kepolisian Sektor Darul Aman berhasil mengamankan satu orang pelaku penyebar informasi hoax (berita bohong) di salah satu desa di Kec. Darul Aman, Aceh Timur, Selasa, 6 Maret 2018.

Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, SIK, M.Hum melalui Kapolsek Darul Aman AKP Masri Aswara kepada Klikkabar.com mengatakan bahwa SF, 19 tahun, ditangkap tidak lama usai membuat salah satu postingan di laman media sosial facebook miliknya.

Di dalam postingan tersebut, SF membuat kalimat bernada provokatif dan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Berikut isi lengkap postingannya :

Bagi seluruh masyarakat Aceh harap waspada karena baru saja warga Gaseh Sayang, Kecamatan Darul Aman menangkap orang yang diduga pura-pura gila. Orang itu diduga mengincar para Tgk2 atau santri yang ada di daerah ini. Sekali lagi bagi masyarakat Aceh selalu waspada, PKI sudah bergerak menuju pelosok2 yang ada pesantren untuk mencari ulama2,” tulis SF.

Screenshoot FB.

“Postingan tersebut diunggah sekitar pukul 22.00 WIB. Pelaku penyebaran informasi hoax tersebut dselanjutnya berhasil diamankan pukul 04.00 WIB,” kata AKP Masri Aswara.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pernyataan pelaku dalam postingan tersebut sama sekali tidak mampu dipertanggungjawabkan kebenarannya dan dapat dikenakan Pasal 27 Ayat 3 Tentang UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

“Ini adalah upaya kita untuk menekan banyaknya hate speech dan hoax yang menyebar di tengah masyarakat. Ini juga peringatan bagi siapapun agar lebih berhati-hati saat membagikan informasi di media sosial,” pungkas AKP Masri Aswara.

ZAMZAMI ALI