Home / BERITA TERBARU / Jet Turki Serang Pasukan Pro-Rezim Suriah, 17 Tewas

Jet Turki Serang Pasukan Pro-Rezim Suriah, 17 Tewas

Tentara Turki bersama milisi pasukan pemberontak Suriah, FSA di wilayah Afrin. Foto: Khalil Ashawi/REUTERS.

KLIKKABAR.COM – Pesawat jet tempur Turki menyerang pasukan pro-pemerintah Suriah di wilayah Afrin, semalam. Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia serangan itu sedikitnya menewaskan 17 orang.

Korban tewas termasuk tiga anggota pasukan YPG Kurdi Suriah, sedangkan sisanya berasal dari milisi yang mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Observatorium melaporkan, para milisi pro-rezim Suriah sudah memasuki Afrin sejak pekan lalu untuk membantu YPG Kurdi mengusir serangan Turki.

Militer Turki menolak untuk mengomentari laporan Observatorium. Namun kantor berita Anadolu yang dikelola pemerintah Turki melaporkan pada hari Jumat (2/3/2018) bahwa helikopter tempur Turki telah membunuh sembilan pasukan YPG Kurdi di barat Afrin.

Kantor berita Turki lainnya, Dogan, melaporkan bahwa pasukan Turki dan sekutu telah memulai operasi pada Jumat pagi untuk menguasai Kota Rajo di Afrin.

Turki dan sekutunya dari kelompok pemberontak Suriah—Pasukan Pembebasan Suriah (FSA)—memulai operasi militer melawan YPG Kurdi di Afrin sejak bulan Januari lalu.

Milisi YPG Kurdi yang beroperasi di wilayah perbatasan Suriah-Turki diperangi Ankara karena dianggap sebagai kelompok teroris.

Operasi militer juga memakan korban jiwa di kubu pasukan Turki. Pada akhir hari Kamis, militer Turki mengatakan delapan tentara Ankara tewas dan 13 lainnya cedera dalam bentrokan di Afrin. (Sindo)