Home / ACEH / Kerap Disiksa di Kapal Asing, TKI Asal Aceh Hilang Kontak

Kerap Disiksa di Kapal Asing, TKI Asal Aceh Hilang Kontak

Screenshoot Fb @Cut Hasniati.

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Aceh, Rahmad Hidayat, yang bekerja sebagai anak buah kapal Zhong Shui (berbendera mirip Fiji), dilaporkan hilang kontak dengan pihak keluarga.

Dikutip dari Serambinews.com, sebelum hilang kontak, kapal tersebut dalam kondisi rusak dan sedang digandeng merapat ke wilayah Suva, Fiji.

Dalam kapal itu terdapat sejumlah warga negera Indonesia yang dipekerjakan lebih dari 20 jam per hari. Bahkan disebut-sebut kerap mendapat kekerasan fisik, sehingga tidak tahan lagi bekerja.

Informasi tentang kondisi Rahmad Hidayat dan TKI lainnya yang bekerja di kapal itu diunggah di akun facebook milik seorang warga Aceh Singkil, Cut Hasniati.

Dalam postingannya, Cut Hasniati menyebut bahwa Rahmad Hidayat adalah keponakannya.

Berikut ini postingannya:

Screenshoot Fb @Cut Hasniati.

“Keponakan saya bernama rahmad hidayat jadi TKI sebagai anak buah kapal di kapal Zhong Sui 809 kayak berbendera Fiji dan sekarang kabarnya kapal tersebut lagi bersandar di Suva Fiji karena kerusakan mesin. Di kapal tersebut ada beberapa ABK asal Indonesia yang sudah tidak tahan lagi kerja karena kabarnya dipukuli dan bekerja 20 jam per hari.”

Pantauan Klikkabar.com, hingga berita ini diturunkan, Sabtu, 3 Maret 2018 sekitar pukul 13.45 WIB, postingan tersebut telah dibagikan sebanyak 107 kali dan dikomentari sebanyak 37 kali.

Cut Husniati juga meminta bantuan Presiden dalam hal ini untuk menelusuri dan mencari tahu bagaimana TKI dipekerjakan di kapal tersebut.

“Tolong Pak Presiden atau siapapun bapak/ibu jangan sampai mereka jadi budak manusia di situ…tolong kembalika mereka ke keluarganya. Dia ada menghubungi via hp 24 jam yang lalu tapi sekarang Hp-nya tidak aktif lagi. Sebelum kapal tersebut berlayar lagi. Atau kalau sudah berlayar mhn dimonitor dimana lokasinya dan digrebek apa yang terjadi di kapal tersebut.”

Sementara itu, masih berdasarkan penelusuran Klikkabar.com, ada yang mengatakan bahwa Rahmad Hidayat merupakan warga Desa Siti Ambia, Kec. Singkil, Kab. Aceh Singkil, Provinsi Aceh.