Home / BERITA TERBARU / Pakistan Apresiasi Rencana Perdamaian Afghanistan-Taliban

Pakistan Apresiasi Rencana Perdamaian Afghanistan-Taliban

Foto: Istimewa.

KLIKKABAR.COM – Pakistan menyambut baik tawaran dialog damai Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani kepada Taliban. Pakistan juga mengaku akan memperluas semua bantuan yang mungkin untuk membawa perdamaian ke Afghanistan.

Sambutan itu disampaikan saat terjadi pertemuan antara penasihat keamanan nasional Pakistan, pensiunan Letnan Jenderal Nasser Khan Janjua dengan Duta Besar Afghanistan untuk Pakistan, Omar Zakhilwal.

“Pakistan menyambut baik tawaran Presiden Ghani untuk mencari perdamaian melalui dialog dan kami siap untuk memperluas semua dukungan yang mungkin untuk membawa perdamaian di Afghanistan,” kata Janjua, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (1/3).

Sementara itu, Zakhilwal menyatakan, selain membahas mengenai rencana pembicaraan damai Afghanistan dan Taliban, dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai perkembangan hubungan bilateral antara kedua negara.

“Kami membahas berbagai isu yang berkaitan dengan hubungan bilateral Afghanistan-Pakistan, situasi saat ini dan langkah-langkah spesifik untuk jalur positif dan konstruktif ke depan,” ungkap Zakhilwal.

Seperti diketahui, kemarin saat konferensi perdamaian di Kabul, Ghani menawarkan perundingan damai tanpa syarat dan meminta Taliban untuk menghindari kekerasan dan menjadi partai politik.

Ghani juga mengumumkan bahwa perundingan negara-ke-negara akan dimulai dengan Pakistan untuk memastikan upaya terkoordinasi guna mendukung usulan perundingan dengan Taliban.

“Kami akan siap untuk memulai pembicaraan dengan Pakistan dan melupakan masa lalu dan memulai sebuah babak baru,” kata Ghani. (Sindo)