Home / ACEH / Pelatih Muda Aceh Ikut Lisensi C AFC di Brunei

Pelatih Muda Aceh Ikut Lisensi C AFC di Brunei

Pelatih Remaja Muara Batu FC, Ikhsan Zulkifli. (IST)

KLIKKABAR.COM, ACEH UTARA – Pelatih Remaja Muara Batu FC, Ikhsan Zulkifli mendapat rekomendasi dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mengikuti kursus kepelatihan Lisensi C AFC di Brunei Darussalam.

Kursus itu diadakan oleh National Football Association of Brunei Darussalam (NFABD), berlangsung pada 22 Februari – 6 Maret 2018 mendatang.

“Rekomendasi dari federasi sepakbola negara asal peserta kursus (PSSI) memang hal yang wajib dipenuhi untuk mengikuti kursus di luar negeri,” kata Ikhsan, Kamis 1 Februari 2018.

Ia menjelaskan, peluang mengikuti kursus tersebut didapatkan dari asisten pelatih Timnas Brunei Darussalam, Coach Izzat Omar pada November 2017 silam melalui media sosial.

Komunikasi berlanjut hingga Timnas Brunei Darussalam mendapat undangan mengikuti turnamen sepakbola bertajuk Aceh World Solidarity Cup (AWSC) 2017 pada 2-6 Desember 2017 di Banda Aceh.

“Kebetulan Coach Izzat memiliki hubungan dekat dengan NFABD (PSSI-nya Brunei Darussalam), sehingga beliau merekomendasi saya untuk mengikuti kursus kepelatihan,” ujar Ikhsan.

Bahkan, sambung Ikhsan, NFABD memberi dua jatah untuk dirinya sehingga ia merekomendasi Bedoe Manaf (pelatih dari Lamno Aceh Jaya) untuk mengikuti kursus itu.

Keduanya pernah sama-sama mengikuti kursus kepelatihan Lisensi D Nasional di Jakarta pada Mei 2016 silam.

“Untuk mendapat surat rekomendasi dari PSSI, saya dibantu oleh salah satu agen pemain bola Indonesia, Muly Munial dan Bang Bes Translator Luis Milla,” katanya.

“Terimakasih kepada Presiden Klub Remaja Muara Batu, H. Zulfadli Ade yang telah mensupport saya, semoga ilmu yang saya dapatkan di sana bisa saya terapkan di Aceh,” ujar Ikhsan. []