Home / BERITA TERBARU / Ronaldinho, Maestro yang Dipuja dan Disegani di Era Sepakbola Modern

Ronaldinho, Maestro yang Dipuja dan Disegani di Era Sepakbola Modern

Ronaldinho. (Pau Barrena/AFP)

KLIKKABAR.COM – Ronaldinho menjadi inspirasi banyak pesepakbola dunia. Keputusannya gantung sepatu membuat banyak pemain merasa kehilangan dan memberikan sanjungan.

Kepastian pensiun Ronaldinho diumumkan kakak yang sekaligus agennya, Roberto Assis beberapa hari lalu. Sebagai pesepakbola profesional, Ronaldinho sudah tak lagi memiliki klub setelah kali terakhir membela Fluminense.

Baca: Ronaldinho Resmi Pensiun

Karier sepakbola Ronaldinho sangat gemilang. Dia mengantar AC Milan dan Barcelona meraih gelar domestik, menjuarai Liga Champions bersama Blaugrana dan mengangkat trofi Copa America serta Piala Dunia dalam seragam Timnas Brasil.

Nama Ronaldinho meroket saat bergabung dengan Barcelona pada 2003. Bersama Blaugrana dia berhasil memenangi trofi bergengsi seperti La Liga dan Liga Champions. Dia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia versi FIFA pada 2004 dan 2005, serta memenangi Ballon d’Or pada 2005.

Aksi-aksinya di lapangan hijau membuatnya dianggap salah satu seniman sepakbola terbaik. Ronaldinho sangat lihai dalam mengolah bola, yang memperlihatkan bahwa jiwa Joga Bonito khas Brasil hidup dalam dirinya. Maka, tak jarang aksi-aksi dan gol-gol indah sekaligus ajaib dia ciptakan.

Salah satu golnya yang sangat fenomenal terjadi di Piala Dunia 2002. Dia berhasil mencetak gol tendangan bebas ke gawang Inggris dari sisi kanan lapangan. Bola yang dia arahkan ke tiang jauh menukik melewati David Seaman. Di tahun itupun Brasil keluar sebagai juara dengan mengalahkan Jerman 2-0 di final.

Selain itu ada pula golnya ke gawang Chelsea, di mana dia melepas tendangan tak terduga dari depan kotak penalti, tanpa ancang-ancang kecuali hanya sebuah ‘tarian’ kecil untuk mengecoh para pemain lawan.

Keputusan Ronaldinho pensiun mengundang tanggapan dari banyak pesepakbola top dunia. Neymar mengatakan bahwa Ronaldinho meninggalkan warisan besar di dunia sepakbola yang tak akan terkalahkan.

Neymar, yang kini menyandang sebagai pemain termahal di dunia pun memberikan penghormatan kepada kompatriotnya. Dia merasa bersyukur sudah pernah ada di generasi Ronaldinho dan menilai warisan seni sepakbola pria 37 tahun itu tak akan pernah hilang.

“Sungguh suatu kehormatan bisa menjadi bagian dari sejarah Anda. Saya akan selalu mengingat kegembiraan Anda di lapangan. Anda telah meninggalkan warisan yang hampir tidak akan terkalahkan dalam seni sepakbola. Terima kasih atas semua yang telah Anda lakukan untuk para pecinta sepakbola,” tulis Neymar di akun Instagram pribadinya.

Sanjungan juga datang dari Xavi Hernandez. “Ronaldinho adalah sosok yang mampu mengubah sejarah Barcelona,” tulis Xavi Hernandez kepada Guardian.

“Saya harus memaksakan diri untuk menderita di tangan Anda. Tapi, sebagai pencinta sepakbola, saya menikmati permainan Anda,” sahut Iker Casillas di akun twitternya.

Sanjungan juga datang dari beberapa pemain yang pernah bahu membahu bersama Ronaldinho di Barcelona.

“Kakinya sangat cepat dan dia bisa menyentuh bola empat kali dalam setengah detik. Jika saya melakukan apa yang dia lakukan, pasti akan cedera,” ungkap mantan rekannya di Barcelona dan juga legenda Belanda, Philippe Cocu.

“Tak ada satu pun pemain di dunia yang seperti Ronaldinho. Pemain ini benar-benar dari planet lain. Terima kasih Ronnie atas semua momen luar biasanya,” ungkap mantan pemain Barcelona dan Liverpool, Luis Garcia, di akun Instagramnya.

Alexandre Lacazette dan Samuel Umtiti sampai berterima kasih atas apa yang diberikan Ronaldinho di dunia sepakbola. Sementara bek Manchester City, Eliaquim Mangala menyebut dia sebagai; ‘penyihir sesungguhnya’.

Ronaldinho pantas dipuja dan dicintai banyak orang karena kemampuan di atas lapangan, dan senyum yang selalu terlintas di wajahnya. Kemampuannya di atas lapangan telah menjadi salah satu inspirasi terbesar di era sepakbola modern. (Detik)

VIDEO: Ronaldinho Gaucho ● Moments Impossible To Forget