Home / ACEH / Pasca Kerusuhan, Komisi III DPR RI Kunjungi Lapas Banda Aceh

Pasca Kerusuhan, Komisi III DPR RI Kunjungi Lapas Banda Aceh

Anggota Komisi III DPR RI saat mengunjungi Lapas Kelas IIA Banda Aceh, kamis, 11 Januari 2018. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Pasca kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banda Aceh, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendatangi dan melihat langsung kondisi lapas, Kamis, 11 Januari 2018.

Baca: Lapas Lambaro ‘Membara’, Ratusan Napi Mengamuk

Diantara yang hadir yakni dua anggota DPR RI Dapil Aceh 1, H. Muhammad Nasir Djamil, S.Ag, M.Si dan H. Muslim Aiyub, SH, MM, serta Drs. H. Hasrul Azwar, MM (Dapil Sumatera Utara 1), Wihadi Wiyanto, SH (Dapil Jawa Timur 9) dan Drs. Heri Bambang Purnama, ST, MH (Dapil Kalimantan Selatan 1).

Berdasarkan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor: 3/DPR RI/IV/2014-2015, ruang lingkup Komisi II DPR RI sekedar diketahui meliputi bidang hukum, HAM dan keamanan serta memiliki mitra seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kejaksaan Agung Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM) dan lain-lain.

Para wakil rakyat di parlemen itu mendatangi dan melihat secara langsung kondisi napi yang ada di Lapas LAmbaro. Disamping itu, mereka juga kerap mengajak para napi berinteraksi secara langsung dan tak jarang ada napi yang curhat hingga meneteskan air mata.

Selain itu, rombongan Komisi III DPR RI yang ‘dikomandoi’ oleh Nasir Djamil juga melakukan obrolan singkat dengan sejumlah napi yang diamankan ke Mapolda Aceh pasca kerusuhan beberapa waktu lalu.

Kedatangan rombongan Komisi III DPR RI ikut didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Aceh, A. Yuspahruddin, B.H. Bc.IP, SH, MH dan Kalapas Banda Aceh, Endang Lintang Hardiman.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan napi di Lapas Kelas II A Banda Aceh atau lebih dikenal dengan Lapas Lambaro, mengamuk pada Kamis, 4 Januari 2018 sekitar pukul 10.00 WIB.

Napi yang sangat beringas berhasil menembus beberapa pintu pengamanan yang ada di Lapas. Sejumlah ruangan dan berbagai fasilitas Lapas dirusak dan dibakar. Bahkan, satu unit mobil ‘public address’ ikut dibakar.

Baca Juga: Pasca Kerusuhan, 7 Napi Lapas Lambaro Diamankan

[Foto] Kerusuhan Hebat di Lapas Lambaro

Mengerikan, Begini Kondisi Lapas Lambaro Pasca Kerusuhan