Home / ACEH / Pasca Kerusuhan, 7 Napi Lapas Lambaro Diamankan

Pasca Kerusuhan, 7 Napi Lapas Lambaro Diamankan

Personel Subdit Jatanras Polda Aceh saat mengamankan narapidana terduga ‘otak’ aksi kerusuhan di Lapas Kelas II A Banda Aceh, Kamis, 4 Januari 2018. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Personel Subdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polda Aceh, mengamankan 7 narapidana pasca kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banda Aceh, Kamis, 4 Januari 2018.

Wakapolda Aceh Brigadir Jenderal Pol Bambang Soetjahjo kepada wartawan di lokasi mengatakan, tujuh napi yang ditangkap petugas diduga sebagai ‘otak’ dibalik aksi kerusuhan tersebut.

Kerusuhan tersebut dikatakannya berawal saat pihak Lapas berencana memindahkan tiga napi kasus narkoba ke Medan, Sumatera Utara.

“Satu napi tidak mau dipindahkan. Dugaan awal, dia memprovokasi dan mempengaruhi napi lain untuk melakukan aksi,” ujar Bambang.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan napi di Lapas Kelas II A Banda Aceh atau lebih dikenal dengan Lapas Lambaro, mengamuk sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca: Lapas Lambaro ‘Membara’, Ratusan Napi Mengamuk

Napi yang sangat beringas berhasil menembus beberapa pintu pengamanan yang ada di Lapas. Sejumlah ruangan dan berbagai fasilitas Lapas dirusak dan dibakar. Bahkan, satu unit mobil ‘public address’ ikut dibakar.

“Kendaraan itu awalnya dipakai untuk memberikan imbauan kepada napi. Tapi, ikut dibakar juga,” kata Brigjen Pol Bambang Soetjahjo.