Home / BERITA TERBARU / George Weah, Legenda AC Milan yang Jadi Presiden Liberia

George Weah, Legenda AC Milan yang Jadi Presiden Liberia

George Weah. (Foto: Reuters)

KLIKKABAR.COM – Legenda AC Milan, George Weah resmi terpilih menjadi Presiden Liberia 2017-2023. Weah (51 tahun) mengungguli rival, Joseph Boakai.

Setelah pemungutan suara yang berlangsung Selasa (26/12/2017), Weah dinyatakan menang mutlak dengan menguasai 12 dari 15 negara bagian di Liberia. Sementara itu, Boakai yang 12 tahun bertugas sebagai Wakil Presiden hanya menang di dua negara bagian.

Weah juga mengekspresikan rasa syukur atas kepercayaan Publik Liberia. Lewat akun Twitter pribadinya, @GeorgeWeahOff, Weah berharap membawa harapan baru bagi Liberia.

“Dengan perasaan yang mendalam, saya ingin mengucapkan terima kasih, kepada masyarakat Liberia, karena telah memberikan suara Anda untuk saya hari ini. Ini adalah harapan besar,” tulisnya.

Weah memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada tahun 2003. Sejak akhir tahun 2004, Weah terjun ke dunia politik hingga akhirnya menjabat sebagai senator di negara bagian Montserrado.

Pria bernama lengkap George Tawlon Manneh Oppong Ousman Weah pernah gagal dalam pemilihan presiden Liberia periode 2005/2011. Pada saat itu, Weah dikalahkan Ellen Johnson Sirleaf yang kemudian menjadi Presiden ke-24 Liberia.

Sekadar informasi, nama Weah sudah mendunia sejak menjadi pesepakbola. Dia meraih banyak kesuksesan saat bermain di Eropa bersama AS Monaco, Paris Saint-Germain, AC Milan, dan Chelsea.

Bersama Milan, dia berhasil memenangi Scudetto dua kali pada 1995/1996 dan 1998/1999. Penghargaan pemain terbaik dunia juga dia sabet dengan memenangi Ballon d’Or 1995. (Sindo)