Home / ACEH / Masyarakat Kuta Baro Diberikan Motivasi Minat Baca

Masyarakat Kuta Baro Diberikan Motivasi Minat Baca

Foto: Istimewa.

KLIKKABAR.COM, ACEH BESAR – Ikatan Mahasiswa Kuta Baro (IMKa) Aceh Besar menyelenggarakan Aksi Literasi yang bertema “Dari Desa Untuk Negeri” di Halaman Kantor Camat Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, Minggu, 17 Desember 2017.

Aksi Literasi tersebut merupakan bagian dari rangkaian IMKa Fair yang dilaksanakan mahasiswa Kuta Baro, Aceh Besar dari tanggal 15 sampai dengan 17 Desember 2017.

Ulul Azmi selaku ketua IMKa menyampaikan aksi literasi merupakan suatu bentuk kepedulian mahasiswa terhadap minat baca masyarakat Aceh, khususnya masyarakat Kuta Baro.

Camat Kuta Baro Aceh Besar, Drs. Sudirman dalam sambutannya menyampaikan minat baca masyarakat masih sangat rendah.

“Saya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang sangat positif untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Di tambah lagi dengan kehadiran Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh yang memberikan motivasi langsung kepada kita semua,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Zulkifli, S.Pd, M.Pd merespon positif apa yang menjadi kebutuhan masyarakat yaitu buku.

“Kita akan terus menggalakkan minat baca masyarakat sehingga menuju Aceh Carong sesuai dengan programnya Gubernur Aceh yaitu mewujudkan Aceh Carong,” ujar Zulkifli.

Dirinya juga menyatakan, jika ingin menjadi cerdas masyarakat harus melakukan tiga hal.

“Jika masyarakat ingin cerdas harus melakukan dan menerapkan tiga hal yaitu, pertama masyarakat harus gemar membaca, kedua masyarakat harus gemar menulis, dan yang ketiga masyarakat harus gemar berdiskusi yang makruf sesamanya,” ajaknya.

Lebih lanjut dikatakan Zulkifli, jika hal ini diterapkan maka insya Allah akan dapat mewujudkan masyarakat Aceh Carong sesuai dengan Visi, Misi dan Program Kerja Gubernur Aceh.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini mari kita galakkan Aceh Gemar Membaca, semoga membawa manfaat bagi masyarakat luas,” pungkas Zulkifli dengan penuh apresiasi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh juga memberikan hadiah kepada masyarakat yang dapat menjawab pertanyaan darinya.

Hadiah yang diberikan yaitu Buku Kapten Teungku Agam yang merupakan buku tentang perjalanan hidup sosok Seorang Gubernur Aceh yang diharapkan dapat memotivasi generasi bangsa.

Serangkaian agenda dalam Aksi Literasi tersebut antara lain Aksi Membaca Bersama Serentak, Deklarasi Untuk Terus Gemar Membaca, Sosialisasi iPUSNAS (Aplikasi baca buku digital), Lomba Literasi, Game Literasi dan Penarikan Doorprize Literasi. (rel)