Home / ACEH / Disbudpar Aceh Dukung Visit Wonderful Indonesia 2018

Disbudpar Aceh Dukung Visit Wonderful Indonesia 2018

IST

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kepariwisataan IV Tahun 2017 yang berlangsung Selasa, 12 Desember 2017 di The Kasablanka Hall (Kota Kasablanka), Jakarta meriah dan heboh.

Tidak tanggung-tanggung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang hadir dalam pertemuan tersebut memberikan ucapan selamat kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya yang berhasil membuat Rakornas Pariwisata IV tersebut membuat decak kagum audien yang hadir.

“Sukses pariwisata Indonesia di bawah komandan Pak Menteri Arief Yahya,” aku Budi Karya.

Rakor yang dihadiri seribuan stakeholder pariwisata ini mengangkat tema Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 dalam rangka mewujudkan target pariwisata nasional 2018 sebanyak 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani yang dipercayakan sebagai Ketua Visit Wonderful Indonesia 2018 itu didepan ribuan orang yang hadir menjelaskan apa itu ViWI 2018.

“Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 merupakan program yang diinisiasi oleh industri baik tour operator, travel agent, hotel, transportasi, dan taman hiburan. Semuanya terkoneksi melalui asosiasi yang langsung atau tidak langsung nyambung dengan sektor pariwisata Indonesia,” ujar Haryadi.

Goalnya? Apalagi kalau bukan mengejar target 17 juta kunjungan wisman di 2018. Programnya juga paralel mengejar target besar 20 juta wisman di 2019.

“Kita harus lebih mampu ‘menjual’ pariwisata Indonesia secara langsung melalui produk pariwisata. Momentumnya sudah tepat. Sekarang branding Wonderful Indonesia sudah sangat ngehits. Terima kasih Pak Menpar Arief Yahya yang sudah sudah membuat pariwisata Indonesia mendunia. Branding awareness Wonderful Indonesia sudah sampai ada di mana-mana,” aku Haryadi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi yang juga ikut hadir di Rakornaspar Pariwisata VI, juga mengaku siap mendukung ViWI di Aceh dengan menghadirkan sejumlah even yang kini telah dipersiapkan.

“Dalam rangka mengisi program ViWI 2018, kita juga akan menggelar banyak even baik bertaraf nasional bahkan internasional yang menyasar wisatawan mancanegara,” sebutnya, Kamis, 14 Desember 2017.

Tidak hanya even saja, Disbudpar Aceh akui Reza juga akan berkolaborasi dengan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Aceh untuk ikut ambil andil menghadirkan destinasi digital.

“Teman-teman GenPI Aceh telah melakukan survei, lokasi dan menyusun konsep destinasi digital yang saat ini disebut pasar-pasar Instagramable, kita harap ini juga menjadi bagian penting untuk mendukung terciptanya destinasi baru di Aceh yang menjadi pilihan bagi wisatawan saat berada di Serambi Mekkah,” ujarnya sembari menyatakan siap mendukung langkah positif dari laskar digital Aceh tersebut.

evenMenpar Arief Yahya sendiri mengaku senang dengan banyaknya pihak yang ikut mendukung program ViWI 2018, baik dari pelaku industri pariwisata yang berada di pusat hingga di daerah.

“Kita perlu Indonesia Incroporated. Semua kerja bareng untuk menciptakan sources of synergy. Arahnya harus size getting bigger, scope getting broader dan skill getting better. Jika maju serentak dan solid, maka kemenangan demi kemenangan bisa kita wujudkan,” beber pria asal Banyuwangi tersebut. (rel)