Home / BERITA TERBARU / FAA: Drone Berpotensi Bahayakan Dunia Penerbangan

FAA: Drone Berpotensi Bahayakan Dunia Penerbangan

Ilustrasi Drone. (Foto: Istimewa)

KLIKKABAR.COM – Drone saat ini memang tengah menjadi salah satu perangkat populer untuk mengambil gambar. Namun demikian Drone rupanya dapat menyebabkan kerusakan fatal bila bertabrakan dengan pesawat.

Dilansir dari Ubergizmo, Minggu (10/12/2017), sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Federal Aviation Administration menunjukkan hal itu karena adanya motor solid, baterai dan bagian lainnya.

Penelitian yang ada menjelaskan standar manufaktur pesawat terbang yang dirancang untuk hantaman burung tidak sesuai untuk menahan hantaman drone.

FAA sendiri telah mendapatkan lebih dari 250 peninjauan drone dalam sebulan yang berpotensi menimbulkan risiko pada pesawat terbang. Semisal Drone yang beroperasi terlalu dekat dengan bandara.

FAA pun mengatakan bila operator drone sering menghubungi menara pengawasan lalu lintas udara untuk meminta izin beroperasi. Hal tersebut menimbulkan potensi berbahaya bagi keselamatan karena pengawasan lalu lintas pesawat terbang jadi teralihkan.

FAA mengatakan, mereka mempercayai para pembuat drone akan membantu mengembangkan teknologi untuk mendeteksi dan menghindari pesawat terbang. Hal ini tentunya untuk mennghindari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Sebagai informasi, Pemerintah Kanada pernah menceritakan bila sebuah drone pernah menabrak sebuah pesawat charter kecil yang membawa delapan orang, bulan lalu, di Kota Quebec, insiden pertama di Kanada. Untungnya, pesawat itu mendarat dengan aman. (Sindo)