Home / BERITA TERBARU / Akui Yerusalem Ibukota Israel, Trump Diprotes Keras Indonesia

Akui Yerusalem Ibukota Israel, Trump Diprotes Keras Indonesia

Menlu Retno menyampaikan pandangan Indonesia soal Donald Trump yang akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel (Foto: Detikcom)

KLIKKABAR.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi menyatakan sikap atas pernyataan Trump tersebut.

“Pagi tadi Presiden AS baru saja menyatakan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Kami mengutuk pernyataan itu,” ucap Retno dalam pembukaan Bali Democracy Forum ke-10, di Indonesia Convention Exhibiton (ICE), Jalan BSD Grand Boulevard, Tangerang, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, pernyataan Trump merupakan hal yang melawan hak demokrasi. Pengakuan tersebut juga tidak sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB (UNSC).

“Demokrasi berarti menghormati hukum internasional. Namun pengakuan ini menunjukkan ketidakhormatan terhadap resolusi UNSC,” ungkap Retno.

Retno pagi itu juga tampak mengenakan syal bercorak negara Palestina. Ia sengaja memakai syal tersebut sebagai bentuk dukungannya kepada Palestina.

“Saya berdiri di sini mengenakan syal Palestina untuk menunjukkan komitmen Indonesia bahwa kami mendukung Palestina dan hak-hak masyarakat Palestina,” tandasnya.

Yerusalem merupakan sebuah kota tua yang juga merupakan tempat berdirinya kuil Yahudi, Kristen, dan Islam dan juga merupakan jantung konflik Israel-Palestina.

Trump berdalih hal itu bagian dari tujuan untuk mencapai perdamaian dan menjadi keputusan yang tepat.

“Israel adalah negara yang berdaulat dengan hak seperti setiap negara berdaulat lainnya untuk menentukan nasibnya sendiri,” kata Trump seperti dilansir AFP, Kamis (7/12).

“Pengakuan ini sebagai sebuah fakta penting untuk mencapai perdamaian. Sudah saatnya untuk secara resmi mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel,” sambungnya.

“Ini tidak lebih dari sekedar pengakuan realitas, ini juga hal yang tepat untuk dilakukan,” lanjutnya. (Detik)