Home / ACEH / KRI Bima Suci, Pengganti KRI Dewaruci yang Melegenda

KRI Bima Suci, Pengganti KRI Dewaruci yang Melegenda

KRI Bima Suci saat berada di perairan Sabang, Senin, 27 November 2017. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, SABANG – Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci dan KRI Bima Suci telah tiba di Sabang, Selasa, 28 November 2017. Kehadiran kedua kapal ini dalam rangka memeriahkan Sail Sabang 2017 yang digelar pada 28 November hingga 5 Desember mendatang.

Mengutip dari berbagai sumber, KRI Bima Suci merupakan kapal layar latih bagi taruna/kadet pengganti kapal legendaris KRI Dewaruci yang sudah beroperasi sejak 1953. KRI Bima Suci saat ini telah masuk ke dalam jajaran TNI Angkatan Laut  sebagai Kapal Layar Latih Akademi Angkatan Laut (AAL).

Peresmian KRI Bima Suci digelar di Galangan Kapal Freire Shipyard, di Vigo, Spanyol, Selasa, 12 september 2017 lalu.

Sepanjang sejarah, KRI Dewaruci yang melegenda itu telah dua kali melaksanakan pelayaran muhibah keliling dunia yaitu tahun 1964 dan 2012. KRI Dewaruci pun kerap meraih berbagai prestasi bertaraf internasional.

Salah satu penghargaan diantara puluhan penghargaan internasional paling bergengsi yang pernah diraih oleh KRI Dewaruci adalah Cutty Shark Thropy saat Tall Ships Race di Australia tahun 1998.

KRI Bima Suci sendiri merupakan kapal layar buatan perusahaan kapal ternama Spanyol yang berlokasi di kota Vigo. Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi ini, memiliki ukuran panjang totalnya 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas.

KRI Bima Suci saat berada di perairan Sabang, Senin, 27 November 2017. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Kapal kelas Bark (Barque) tiga tiang ini memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi. Ketinggian dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut.

Setiap tahunnya, kadet AAL akan berlayar dengan KRI Bima Suci ke berbagai belahan dunia dengan tujuan utama adalah pelatihan pelayaran bintang atau disebut Kartika Jala Krida (KJK).

Baca Juga: KRI Bima Suci dan KRI Dewaruci Tiba di Sabang

Costa Victoria Tiba di Sabang, 980 Wisatawan Kunjungi Banda Aceh