Home / ACEH / [FOTO] Kapolres Extreme Bike II: Tantangan Keindahan Air Terjun Serule

[FOTO] Kapolres Extreme Bike II: Tantangan Keindahan Air Terjun Serule

Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto saat melepas peserta ‘Kapolres Extreme Bike 2’ di halaman Mapolsek Serbajadi, Sabtu, 11 November 2017. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Ratusan goweser dari berbagai daerah memeriahkan gelaran ‘Kapolres Extreme Bike 2’ yang digagas oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, SIK, M. Hum,Sabtu, 11 November 2017.

Keberangkatan para goweser dilepas langsung oleh Kapolres, mengambil start di halaman Mapolsek Serbajadi, Kecamatan Peunaron. Kawasan ini terletak di pedalaman Aceh Timur, berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Idi.

“Acara ini digelar dalam rangka mewujudkan situasi kemanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif di Aceh Timur. Kami sengaja mengambil lokasi acara di kawasan pedalaman, terlebih untuk bisa mengenalkan keindahan alam Aceh Timur kepada para peserta,” ujar AKBP Rudi Purwiyanto.

Peserta yang berjumlah 50 tim (satu tim terdiri dari 5 orang), diharuskan mengayuh sepeda melewati jalur yang tergolong cukup ekstrem serta memakan waktu lebih kurang 1 jam 30 menit dengan jarak tempuh 8,6 kilometer. Rute yang berlumpur dan perbukitan yang terjal menjadi tantangan terberat para goweser, sehingga tak jarang memaksa mereka untuk mendorong sepedanya.

Setibanya di pos pertama, para goweser diberi bekal berupa snack dan nasi bungkus. Sampan penyebrangan telah menunggu mereka disana. Sepeda terpaksa ditinggalkan dan peserta harus berjalan kaki menuju titik finish, Air Terjun Serule.

Peserta harus berjalan kaki lebih kurang sejauh 4,4 kilometer dengan estimasi waktu 1 jam 10 menit. Namun, kenyataan di lapangan tentu berbeda karena peserta bukan berjalan kaki seperti biasa. Mereka harus menyusuri alur sungai, menembus hutan dan mendaki serta menuruni bukit yang curam agar bisa sampai ke garis finish.

Setibanya disana, rasa lelah pun seolah terbayar dengan lunas saat para peserta disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa. Air terjun Serule memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan lebar sekitar 20 meter.

Air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ditemukan beberapa bulan lalu. Keindahannya yang mempesona membuat banyak pengunjung tertarik dan berkunjung ke tempat ini meski akses trasnportasi menuju kesana belum memadai atau jauh dari kata layak.

Berikut sejumlah foto ‘Kapolres Aceh Timur Extreme Bike 2’ yang berhasil diabadikan Klikkabar.com;

Sejumlah goweser saat melintasi rute ‘Kapolres Extreme Bike 2’ di Peunaron, Aceh Timur. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Sampan yang digunakan untuk penyebrangan peserta ‘Kapolres Extreme Bike 2’ di pedalaman Aceh Timur. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Perjalanan peserta ‘Kapolres Aceh Timur Extreme Bike 2’ menuju Air Terjun Serule. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Goweser ‘Kapolres Aceh Timur Extreme Bike 2’ saat sedang beristirahat. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Goweser ‘Kapolres Aceh Timur Extreme Bike 2’ saat menyebrangi sungai. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Titik finish ‘Kapolres Aceh Timur Extreme Bike 2’ di Air Terjun Serule. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Air Terjun Serule. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Air Terjun Serule. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Air terjun kecil yang berada di dekat air terjun Serule. (Zamzami Ali/Klikkabar)