Home / BERITA TERBARU / Sisihkan Messi, Ronaldo, dan Pirlo, Casillas Raih Golden Foot Award

Sisihkan Messi, Ronaldo, dan Pirlo, Casillas Raih Golden Foot Award

Iker Casillas saat menerima penghargaan Golden Foot Award. (Foto: Eric Gaillard/Reuters)

KLIKKABAR.COM – Mantan kiper Real Madrid yang kini membela FC Porto, Iker Casillas, meraih Golden Foot Award 2017. Ia menyisihkan nominator lainnya seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Andrea Pirlo.

Penghargaan itu dihelat di Monako, Selasa (7/11/2017) waktu setempat atau Rabu (8/11) dini hari WIB. Pesepakbola tenar lain yang disishkan Casillas ada Sergio Ramos, Manuel Neuer, Arjen Robben, Luis Suarez, Yaya Toure, juga Thiago Silva.

Casillas rupanya mendapat suara terbanyak dari masyarakat yang diambil via jajak pendapat secara online. Kiper berusia 36 tahun itupun berhak membuat jejak telapak tangan berwarna emas di atas sebuah plakat, yang nantinya bakal ditaruh di pinggir laut Monako.

Casillas menjadi kiper kedua yang memenangkan penghargaan ini. Sebelumnya Gianluigi Buffon menjadi penjaga gawang pertama yang meraihnya tahun lalu.

Casillas bersinar sewaktu bermain untuk Madrid sejak 1999 hingga 2015. Ia meraih 18 gelar bergengsi, termasuk lima trofi La Liga dan tiga Liga Champions.

Kesuksesannya bersama Los Blancos juga mengantarnya sukses di timnas Spanyol. Tercatat Casillas mengantar La Furia Roja menjuarai Piala Dunia 2010 serta Piala Eropa 2008 dan 2012.

Golden Foot Award sendiri digelar tiap tahun. Penghargaan ini diberikan kepada pesepakbola berusia minimal 28 tahun dan masih aktif bermain. Gelar ini cuma cuma bisa memenangkannya sekali oleh pesepakbola seumur hidupnya.

Roberto Baggio menjadi pemain pertama yang memenangkannya pada 2003. Berturut-turut setelahnya adalah Pavel Nedved, Andriy Shevchenko, Ronaldo de Lima, Alessandro Del Piero, Roberto Carlos, Ronaldinho, Francesco Totti, Ryan Giggs, Zlatan Ibrahimovic, Didier Drogba, Andres Iniesta, Samuel Eto’o, dan Buffon.

Messi dan Cristiano Ronaldo sendiri belum pernah meraihnya. Messi sudah dua tahun terakhir masuk nominasi, sementara Ronaldo sejak 2013. Adapun Pirlo yang baru saja memutuskan pensiun, dipastikan tidak akan mendapatkannya. (Detik)