Home / BERITA TERBARU / Popularitas Trump Terendah dari Semua Presiden AS dalam 70 Tahun

Popularitas Trump Terendah dari Semua Presiden AS dalam 70 Tahun

Donald Trump (REUTERS/Joshua Roberts)

KLIKKABAR.COM – Angka kepuasan publik atas kinerja Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus merosot. Setahun usai pilpres AS digelar pada November 2016, hanya 37 persen warga AS yang merasa puas atas kinerja Trump sebagai Presiden AS.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/11/2017), polling terbaru yang digelar media The Washington Postdengan ABC News menyatakan angka kepuasan publik terhadap Trump berada di titik lebih rendah dari seluruh Presiden AS terdahulu dalam 70 tahun terakhir.

“(Angka kepuasan publik Trump) Ditunjukkan lebih rendah dari kepala-kepala eksekutif sebelumnya, pada titik ini dalam masa kepresidenannya, dari seluruh polling yang digelar selama tujuh dekade terakhir,” sebut The Washington Post dan ABC News dalam keterangan pollingnya.

Polling The Washington Post-ABC News ini menunjukkan hanya 37 persen warga Amerika yang mengaku puas pada kinerja Trump sebagai Presiden AS. Polling ini dirilis setahun usai kemenangan mengejutkan Trump dalam pilpres 2016.

The Washington Post dan ABC News menyebut, angka itu jauh lebih rendah dibandingkan para Presiden AS terdahulu saat periode yang sama semasa kepemimpinan mereka, dalam kurun waktu tujuh dekade terakhir.

Sementara itu, angka ketidakpuasan publik terhadap Trump berada di angka 59 persen. Dengan separuh dari angka itu menyatakan, mereka dengan tegas menyatakan tidak puas pada Trump. Dengan kedua angka itu, maka selisih kepuasan Trump adalah minus 22 persen (negatif), ini menjadikan Trump sebagai satu-satunya Presiden AS yang memiliki selisih negatif dalam beberapa puluh tahun terakhir.

Untuk periode yang sama semasa kepemimpinannya pada November 2009, Presiden AS sebelumnya, Barack Obama, tercatat memiliki angka kepuasan 57 persen dan angka ketidakpuasan 40 persen, dengan selisih 17 persen (positif). Mantan presiden AS George W Bush tercatat memiliki angka kepuasan 89 persen dan angka ketidakpuasan 9 persen, dengan selisih 80 persen (positif), untuk periode yang sama pada November 2001 lalu.

Sedangkan mantan Presiden AS Bill Clinton memiliki angka kepuasan 52 persen dan angka ketidakpuasan 41 persen untuk periode yang sama pada November 1993 silam. Selisih angka kepuasan Bill Clinton mencapai 11 persen (positif) dan tercatat sebagai selisih paling rendah setelah Trump.

Polling The Washington Post dan ABC News ini dirilis setelah Trump dihadapkan pada tantangan politik dan hukum. Diketahui bahwa penyelidikan yang dipimpin penasihat khusus mantan Direktur FBI Robert Mueller soal dugaan kolusi antara tim kampanye Trump dengan Rusia masih berlanjut.

Baca juga: Gedung Putih Tegaskan Tidak Campuri Penyelidikan Soal Pilpres AS

Pekan lalu, dewan juri federal AS menjeratkan dakwaan terhadap tiga mantan penasihat atau tim kampanye Trump. Pada Minggu (5/11), NBC News melaporkan pengadilan akan menjeratkan dakwaan-dakwaan lainnya.

Polling The Washington Post-ABC News ini juga menunjukkan betapa kritisnya warga AS saat ini terhadap pencapaian Trump dalam kepemimpinannya. Sebanyak 65 persen warga AS menyatakan Trump mencapai ‘tidak banyak’ atau ‘sedikit atau tidak sama sekali’. Sedangkan 35 persen lainnya menyatakan Trump telah mencapai banyak hal. (Detik)