Home / ACEH / Kasus Kantor BPN Aceh Timur Segera Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

Kasus Kantor BPN Aceh Timur Segera Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

 

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Aceh Timur, Khairul Hisam, SH.

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Proses penyidikan perkara atas kasus dugaan korupsi pembangunan gedung Badan Pertanahan Negara (BPN) Aceh Timur, dinyatakan telah lengkap atau P21.

Penyidikan kasus dengan estimasi kerugian negara sebesar Rp 600 juta itu telah dimulai sejak 28 April 2017 lalu. Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Timur juga telah menetapkan empat tersangka dalam kasus tersebut.

Keempat tersangka masing-masing SR (Kepala Kantor BPN selaku Kuasa Pengguna Anggaran), TR (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan), ML (pelaksana proyek) dan NR (konsultan pengawas). Keempatnya diduga melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 UU No. 31 Tahun 1999 jo UU No. 20 Tahun 2001 Tentang Tindak Pidana Korupsi.

“Selain memeriksa 26 saksi, penyidik juga telah mengamankan sejumlah item dokumen dan uang sebesar Rp. 581.461.000,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Timur, M. Ali Akbar, SH, MH, melalui Kasi Intel Khairul Hisam, SH, kepada Klikkabar.com, Jum’at, 3 November 2017.

Khairul Hisam juga menjelaskan, dalam waktu dekat ini akan dilakukan serah terima tersangka dan barang bukti dari penyidik kepada penuntut umum (Tahap II) untuk dapat dilakukan penuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Banda Aceh.

“Kemungkinan minggu depan sudah siap. Pelimpahan tahap dua ini dilakukan setelah tim penyidik merampungkan penyusunan dakwaan,” pungkas Khairul Hisam.