Home / ACEH / Peduli Kesehatan Masyarakat, PT Medco E&P Malaka Gelar Pengobatan Massal

Peduli Kesehatan Masyarakat, PT Medco E&P Malaka Gelar Pengobatan Massal

Seorang pasien balita sedang diperiksa oleh dokter yang didatangkan oleh PT Medco E&P Malaka di Alue Siwah Serdang, Aceh Timur, Selasa, 31 Oktober 2017. (Zamzami Ali/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Banyak yang menganggap keberadaan perusahaan di sebuah daerah, tidak memiliki manfaat dan pengaruh yang signifikan terutama terhadap masyarakat yang ada di sekitar areal perusahaan.

Setiap perusahaan yang mengeruk Sumber Daya Alam (SDA) di suatu daerah sering disebut-sebut hanya mencari keuntungan semata dan setelah SDA tersebut habis, perusahaan pun angkat kaki. Ibarat kata, saat manis yang telah habis sepahnya pun terbuang begitu saja.

Namun, perusahaan minyak dan gas (migas) yang sedang beroperasi di Aceh Timur, PT Medco E&P Malaka, berusaha untuk menepis anggapan miring tersebut dan berusaha memberdayakan masyarakat dan daerah eksploitasinya. PT Medco bahkan telah mengucurkan dana Corporate Social Responsbility (CSR) sebesar Rp 75 Miliar untuk pembangunan dan pengadaan fasilitas medis RSUD dr. Zubir Mahmud di Idi.

Hal itu merupakan upaya PT Medco dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di Aceh Timur. Alhasil, Aceh Timur saat ini memiliki dua unit rumah sakit, RSUD dr. Zubir Mahmud di Idi dan RSUD Sultan Abdul Aziz Syah di Peureulak.

Berbagai program lain terus digalakkan PT Medco E&P Malaka baik peningkatan masyarakat di bidang pendidikan, pertanian, perkebunan  kesehatan. Seperti kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Pemberian Gizi Tambahan Gratis yang digelar oleh PT Medco E&P Malaka terhadap ratusan warga Desa Alue Siwah Serdang, Kec. Nurussalam, Kab. Aceh Timur, Selasa, 31 Oktober 2017.

Warga sedang mendaftar pengobatan massal di Desa Alue Siwah Serdang, Kec. Nurussalam, Kab. Aceh Timur, Selasa, 31 Oktober 2017. (Zamzami Ali/Klikkabar)

Bekerjasama dengan UPT Puskesmas Nurussalam, keluhan ratusan masyarakat yang datang membawa berbagai keluhan penyakit seperti penyakit kulit, gangguan organ seperti lambung dan ginjal hingga masalah kandungan, ditangani secara cepat oleh perawat dan dokter yang ada di lokasi kegiatan.

“Kita menyambut baik kegiatan pengobatan massal yang dilakukan PT Medco E&P Malaka. Ini adalah bentuk kepedulian nyata pihak perusahaan terhadap warga yang ada di areal lingkar tambang,” ujar Camat Nurussalam, Zainuddin, S. Sos, di sela-sela kegiatan.

Selain menggelar pengobatan massal, pihak perusahaan juga mensosialisasikan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) terhadap masyarakat yang hadir. Tanaman Obat Keluarga adalah ramuan herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif terhadap berbagai penyakit sehingga memudahkan masyarakat agar tidak memiliki ketergantungan terhadap obat-obatan.

Sejumlah warga sedang mendengar penjelasan tentang Tanaman Obat Keluarga (Toga) di acara pengobatan massal PT Medco E&P Malaka, Selasa, 31 Oktober 2017. (Zamzami Ali/Klikkabar)

“Sebisa mungkin, kita akan terus berusaha untuk memberdayakan, membina dan memberi kepedulian kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan wujud perhatian perusahaan kepada masyarakat dan daerah Aceh Timur khususnya yang ada di areal lingkar tambang,” kata Operation Manager PT Medco E&P Malaka, Fachrurozi.

Pada kesempatan itu, Fachrurozi juga memaparkan kondisi PT Medco E&P Malaka yang sedang melakukan pengembangan kegiatan eksplorasi di Aceh Timur. Proyek Blok A ini dikatakannya merupakan proyek strategis nasional dan akan memberikan hasil yang maksimal untuk Aceh, di antaranya menambah Pendapatan Daerah Aceh dan Aceh Timur.

“Kegiatan sosial seperti sosialisasi dan pengobatan gratis ini akan kita lakukan secara berkelanjutan di kemudian hari, sehingga keberadaan PT Medco E&P Malaka benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” demikian tutup Fachrurozi.

BACA JUGA: Bupati Rocky: Keberadaan PT Medco Harus Menguntungkan Rakyat dan Negara

Abu Paya Pasi Peusijuek Pengeboran Perdana Sumur AS-9 PT Medco

Gandeng PT Medco E&P Malaka, PWI Aceh Timur Gelar Pelatihan Jurnalistik