Home / ACEH / Gayo Merdeka Desak DPRA Ganti Bahasa Himne

Gayo Merdeka Desak DPRA Ganti Bahasa Himne

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Sejumlah massa yang mengatasnama dirinya dari Aliansi Gayo Merdeka melakukan demonstrasi didepan gedung DPR Aceh. Mareka meminta untuk mengevaluasi kembali syarat sayembara Himne Aceh.

“Kami Gayo Merdeka meminta Pemerintah Aceh khususnya DPRA untuk mengevaluasi kembali syarat sayembara Himne Aceh yang mengharuskan berbahasa Aceh,” teriak Koordinator Aksi , Hirfana Sonova , Selasa, 31 Oktober 2017 bersama sejumlah massa lainnya.

Katanya, mareka memahami bahwa hal tersebut merupakan wujud dari hasil MoU Helsinki sebagaimana tertera dalam butir 1.1.5. Dan juga di perintahkan oleh UUPA dalam Pasal 248 ayat 2 dan 3.

“Dengan ini kami Mahasiswa Gayo menolak sayembara Himne Aceh yang di selenggarakan DPRA, karena mengharuskan menggunakan bahasa salah satu sub suku yang ada di wilayah Provinsi Aceh yang terkesan diskriminatif untuk keberagaman suku yang ada di Aceh,” ujarnya.

Seharusnya, menurut mereka, Himne harus dibuat dengan berbagai bahasa yang di ada di Provinsi Aceh.

“Bila perlu di setiap Kabupaten / Kota harus memiliki Himne” pinta Koordinator Aksi, yang di iyakan oleh para demonstran.

Seperti diketahui, di Provinsi Aceh mempunyai berbagai suku diantaranya Suku ALAS, Suku Aceh, Suku Aneuk Jamee , Suku pak Pak, Suku Defayan ,Suku Haloban, Suku Tamlang dan Suku Gayo.

“Untuk itu kami mengingatkan Kembali seluruh Anggota DPRA agar mengevaluasi kembali syarat sayembara himne yang diselenggarakan oleh DPRA demi menjaga keberagaman suku yang berada di wilayah Aceh khususnya,” sorak massa yang tergabung dalam Gayo Merdeka. [ ]

REPORTER : IKHSAN