Home / ACEH / Usai Sail Sabang 2017, Pemerintah Siapkan Wisata Bahari Phuket-Langkawi-Sabang

Usai Sail Sabang 2017, Pemerintah Siapkan Wisata Bahari Phuket-Langkawi-Sabang

Sabang (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM – Presiden Joko Widodo menginginkan pelaksanaan Sail Sabang 2017 yang berlangsung pada 28 November sampai 5 Desember mendatang tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan tetapi juga sukses dalam tindak lanjutnya.

“Dari awal kita ingatkan, kan diingatkan oleh Bapak Presiden bahwa Sail itu tidak hanya sukses nanti di penyelenggaraannya tetapi sukses di tindak lanjutnya,” demikian disampaikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sail Sabang 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata, Selasa (25/10) sore.

Salah satu tindak lanjut yang sudah disepakati, ujar Arief, akan adanya bisnis wisata bahari sail Phuket, Langkawi, dan Sabang.

“Jadi menjadikan Sabang sebagai international hub, salah satunya adalah dengan memiliki event rutin dari Segitiga Phuket-Langkawi-Sabang,” tutur Arief Yahya yang juga merupakan Ketua Pelaksana Harian Sail Sabang 2017.

Nota Kesepahaman mengenai Kerja Sama Wisata Bahari Segitiga Phuket-Langkawi-Sabang sendiri telah ditandatangani di Bangkok, Thailand pada bulan April 2017 lalu. Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dihadiri oleh Menpar Arief Yahya dan Deputi Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia Datuk Mas Ermieyati Samsudin.

“Jadi mohon nanti dilaporkan secara singkat untuk 2018 kapan jadwal sail Phuket-Langkawi-Sabang tersebut,” ujar Menpar saat membuka rapat.

Selain membahas mengenai tindak lanjut usai pelaksanaan Sail Sabang 2017, dalam rapat ini juga dibahas mengenai kesiapan penyelenggaraan event-event terutama acara puncak yang akan digelar dalam rangkaian sail yang akan dipusatkan di Pulau Weh, Sabang, Aceh ini.

Sederet kegiatan yang akan menghiasi event Sail Sabang 2017, antara lain:

– Yacht Rally

– Parade KRI

– Demo Aerobatik

– Tarian Kolosal Laksamana Malahayati & Sabang Carnival

– Parade Kapal Nelayan Tradisional

– Pentas Pesona Indonesia

– Sabang Wonderful Expo dan Marine Expo

 Gerakan Bersih Pantai dan Bawah Laut

– Jambore Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

– Bhakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan

– International Free Diving Championship

– Kite Surfing Exhibition

– Aceh Cullinary and Coffee Festival

– Bike Cross Country

Rapat dihadiri perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Sekretariat Kabinet, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata, TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya.