Home / ACEH / Lagi, Dua Ekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Pedalaman Aceh Timur

Lagi, Dua Ekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Pedalaman Aceh Timur

Foto: Forum Konservasi Leuser (FKL).

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Dua ekor gajah Sumatera kembali ditemukan mati di pedalaman Aceh Timur tepatnya di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Minggu, 15 Oktober 2017.

Menurut informasi yang diperoleh Klikkabar.com, dua ekor gajah tersebut masing-masing berjenis kelamin jantan dan betina. Kedua ekor mamalia terbesar di dunia yang dilindungi oleh undang-undang itu ditemukan mati di lokasi yang berdekatan.

Sepasang gajah yang mati tersebut pertama kali ditemukan oleh warga di areal kebun pisang milik warga sekitar pukul 10.00 WIB. Diduga, gajah malang tersebut terjerat kabel yang dialiri listrik bertegangan tinggi (setrum_red) yang sering dipakai untuk menjerat babi.

Foto: Forum Konservasi Leuser (FKL).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo saat dihubungi Klikkabar.com membenarkan terkait penemuan dua ekor gajah mati tersebut. Polisi Kehutanan dan petugas resort BKSDA dikatakannya sedang bergerak menuju ke lokasi.

Pihaknya belum bisa terlalu dini memastikan penyebab kematian gajah, terkait ada atau tidaknya unsur ‘kesengajaan’ sehingga menyebabkan kedua ekor gajah itu mati.

“Kita akan buat laporan dulu ke Polres Aceh Timur, setelah itu baru kita kirim tim medis untuk melakukan proses autopsi sehingga penyebab pasti kematian kedua ekor gajah tersebut diketahui,” ujar Sapto Aji Prabowo.