Home / ACEH / Guru dan Kepala Sekolah di Aceh Jaya Gebrak Gerakan Literasi

Guru dan Kepala Sekolah di Aceh Jaya Gebrak Gerakan Literasi

IST.

KLIKKABAR.COM, ACEH JAYA – Untuk meningkatkan minat membaca dan menulis bagi guru dan siswa, Kepala sekolah beserta dewan guru pada gugus inti Indra Jaya dan gugus Jaya di Kabupaten Aceh Jaya melakukan gebrakan gerakan literasi melalui pelatihan menulis, Selasa, 10 Oktober 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan di SDN 1 Indra Jaya ini bekerjasama dengan majalah Anak Cerdas dan Potret dari Banda Aceh. Kepala SDN 1 Indra Jaya yang juga ketua gugus inti Indra Jaya Kasriyati,S.Pd mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi guru dan siswa untuk membudayakan gemar membaca dan menulis.

“Budaya literasi merupakan program yang diluncurkan oleh Kemendikbud RI dari Sabang sampai Meurauke. Kami terpanggil untuk melaksanakannya dan kegiatan ini  pertama sekali dilakukan di Aceh Jaya dan semoga kegiatan seperti ini terus ditingkatkan secara menyeluruh di Kabupaten Aceh Jaya,” ujar Kasriati.

Sementara itu, pemateri pada pelatihan menulis, Tabrani Yunis Sari yang juga menjabat sebagai pimpinan majalah Anak Cerdas dan majalah Potret mengatakan, terobosan yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama dewan guru pada gugus inti Indra Jaya dan gugus Jaya ini sangat positif.

Siswa dan guru pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menulis, katanya, namun perlu diasah dan disalurkan karyanya di majalah sehingga orang lain bisa membacanya. “Kami siap membantu para guru dan siswa untuk mempublikasikan karya mereka,” ujar Tabrani.

Dalam kegiatan tersebut, selain mengumpulkan karya tulis dari para guru dan siswa, ratusan majalah Anak Cerdas dan majalah Potret juga ikut dibagikan secara gratis kepada peserta pelatihan. (rel)