Home / ACEH / Peduli Berlalu Lintas, Rencong Aceh Gelar Sosialisasi Safety Riding

Peduli Berlalu Lintas, Rencong Aceh Gelar Sosialisasi Safety Riding

Pengurus Rencong berfoto bersama pelajar di Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah, Sabtu, 7 Oktober 2017.

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Pemahaman keselamatan dalam berlalu lintas perlu ditanami sejak dini. Faktor penunjang keselamatan saat berkendara di jalan raya adalah aspek yang sangat penting untuk diperhatikan demi terciptanya budaya tertib dalam berlalu lintas.

Berangkat dari hal tersebut, paguyuban motor Rider Community Nanggroe (Rencong) Aceh menggelar program Sosialisasi Safety Riding dengan tajuk ‘Rencong Peduli Berlalu Lintas, Jangan Sok-sokan Utamakan Keselamatan’ yang bekerjasama dengan Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah, Aceh Besar, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Safety Riding dapat dikatakan sebagai suatu usaha yang dilakukan dalam meminimalisir tingkat bahaya dan memaksimalkan keamanan dalam berkendara, demi menciptakan suatu kondisi tidak membahayakan pengendara lain dan menyadari kemungkinan bahaya
yang dapat terjadi di sekitar kita serta pemahaman akan pencegahan
dan penanggulangannya.

Ketua Umum Rencong Aceh, Chika Setiadi, SE, Ak, CA, mengatakan, kegiatan sosialisasi saftey riding tersebut digelar dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang aspek dan faktor keselamatan berlalu lintas di jalan raya. Ilmu safety riding tersebut diberikan terhadap puluhan siswa/i di Sekolah Islam Terpadu Yayasan Fajar Hidayah.

Paguyuban Rencong saat menggelar Sosialisasi Safety Riding di Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah, Aceh Besar, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Penerapan Safety Riding sejatinya telah diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada BAS XI Pasal 203 Ayat 2 huruf a. Berdasarkan hal tersebut, Penerapan Safety Riding merupakan Program Nasional yang harus didukung penuh dan dilaksanakan demi terciptanya keselamatan dan keamanan di jalan raya.

“Saat berkendara di jalan raya, kita harus menyadari arti dan pentingnya mengutamakan keselamatan baik itu terhadap diri sendiri maupun orang lain,” ujar Chika Setiadi didepan puluhan siswa/i Yayasan Fajar Hidayah seraya mengatakan, angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan dengan penerapan safety riding yang baik dan benar.

Disamping itu, Chika Setiadi juga berharap, kegiatan yang digelar tersebut dapat memberikan pemahaman tentang tata cara dalam keselamatan siswa/i saat berkendara di jalan raya sehingga menjadi bekal dan ilmu dalam berlalu lintas.

Paguyuban Rencong saat menggelar Sosialisasi Safety Riding di Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah, Aceh Besar, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Sekedar diketahui, Rencong Aceh merupakan sebuah wadah atau paguyuban tempat bernaungnya komunitas motor roda dua yang ada di Aceh. Paguyuban yang didirikan oleh sejumlah komunitas tertua di Aceh seperti SOG, SMC dan Mehooba sejak tahun 2008 silam tersebut, kini beranggotakan puluhan komunitas yang tersebar di seluruh Aceh.

Wadah organisasi ini terbentuk berdasarkan kesamaan hoby dan rasa kesatuan untuk memajukan dunia otomotif roda dua di Aceh. Rencong selama ini juga dikenal aktif di dalam kegiatan sosial seperti bakti sosial, penggalangan dana bencana alam, menyantuni yatim dan fakir miskin dan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat serta kerap menjadi mitra kepolisian dalam mengkampanyekan budaya tertib berlalu lintas.

Baca juga: RENCONG Aceh Kibar Merah Putih VII di Simeulue