Home / BERITA TERBARU / Selain Kerja Keras, Ini Rahasia Kaya dan Sukses Warga Tionghoa

Selain Kerja Keras, Ini Rahasia Kaya dan Sukses Warga Tionghoa

Ilustrasi.

KLIKKABAR.COM – Warga Tionghoa sudah lama menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Selain budaya, salah satu yang sangat identik dengan mereka adalah etos kerja keras.

Sebagian besar orang Tionghoa hidup bermata pencaharian sebagai pedagang atau pengusaha. Banyak yang sukses dari usahanya tersebut. Selalu serius dan tekun dalam mengerjakan suatu hal, cara mereka bisa meraih kesuksesan dari usahanya tersebut.

Selain kerja keras, berikut hal yang menjadi pegangan Warga Tionghoa agar hidup bisa sukses. Berikut uraian rahasianya yang kiranya patut untuk dicontoh seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Pantang Bekerja Setengah–Setengah

Kabarnya, orang Tionghoa selalu menganggap bahwa sebuah pekerjaan adalah pedoman hidup bagi mereka. Eksistensi mereka bisa ditunjukan dengan bekerja. Selain mendapatkan penghasilan untuk dirinya sendiri, mereka juga bisa membantu keluarga, saudara dan ini terbukti hingga saat ini. Dalam bekerja, orang tionghoa sangat antusias dan etos kerjanya tinggi.

2. Pantang Hidup Bermewah-Mewahan

Jika kita melihat di lingkungan sekitar, sepertinya jarang ada warga tionghoa yang hidup secara bermewahan jika bukan artis atau selebritis. Faktanya, orang Tionghoa selalu menyisihkan 70 persen dari penghasilanya untuk ditabung atau juga didepositokan.

Mereka jarang menggunakan uang tabungan untuk keperluan sehari-hari. Bayangkan, 70 persen dari penghasilan menjadi simpanan.

3. Tidak Suka Berutang

Orang Tionghoa paham betul bahwa memiliki utang hanya akan membuat hidup dan keuangan menjadi rumit. Adanya beban bunga pada utang adalah hal yang tidak sehat untuk keadaan keuangan kita, apalagi yang belum maksimal.

Mereka akan memilih menghindari utang, sekalipun ingin sesuatu seperti membeli gadget baru misalnya. Selama uang belum ada, orang Tionghoa akan memilih menunda untuk mendapatkan gadget tersebut, hingga uangnya terkumpul.

4. Memiliki Pekerjaan Sambilan

Mencari pekerjaan tambahan juga dimanfaatkan orang Tionghoa. Saat ini juga ada banyak perusahaan yang bisa menjadikanya karyawan terbaik, atau juga pebisnis online yang baik. Setiap ada peluang untuk mencari uang tambahan, mereka akan memanfaatkanya.

5. Tidak Gengsi untuk Menawar

Ketika memberi sesuatu, orang Tionghoa akan kerap kali menawar harga barang yang ia beli terlebih dulu. Baginya, menawar harga ini bukan saja untuk mendapatkan harga yang terjangkau, tetapi juga tercipta kesepakatan yang adil.

6. Membeli Barang Karena Nilai Guna

Orang Tionghoa jarang tergoda dengan promo-promo menarik di mal atau toko. Bagi mereka hanya mengikuti tren semata bukanlah prinsip.

Cara mereka adalah, jika sedang membutuhkan smartphone baru, membeli ke counter khusus harganya akan cukup tinggi. Namun, mereka akan lebih memilih tempat yang tersembunyi  yang paling nyaman. (Liputan6)