Home / ACEH / Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USM Gelar Seminar Nasional Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USM Gelar Seminar Nasional Pendidikan

KLIKKABAR.COM – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah (USM) menggelar seminar pendidikan dengan mengangkat tema “sinergitas sekolah dan masyarakat”. Jumat 22 September 2017.

Seminar nasional ini dilaksanakan di Aula Mr Muhammad Hasan Universitas Serambi Mekkah. Seminar nasional ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah Ir. H. T. Makmur, M, Si.

Dalam sambutannya rektor menyampaikan bahwa universitas juga harus mangambil bagian strategis dalam mendorong untuk terciptanya sinergitas sekolah dan masyarakat, baik melalui jalur penelitian maupun pengabdian universitas. Ini merupakan tri darma perguruan tinggi yang harus terus dijalankan oleh insan akademis.

Seminar yang membedah persoalan pendidikan dan masyarakat sebagai mitra strategis dalam membangun pendidikan ini dihadiri oleh empat pembicara kunci berkaliber nasional, tiga di antaranya mewakili akademisi dan satu dari pemerintah.

Dari pihak pemerintah diisi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Syaridin, S.Pd., M.Pd. Pada kesempatan tersebut Syaridin memberi materi seminar dengan tema “Peran Dinas Pendidikan Kota Dalam Penyelenggaraan Berbasis Masyarakat dan Peningkatan Kinerja Komite Sekolah”.

Sementara itu, pihak akademis sendiri mengangkat tema kependidikan dari berbagai pendekatan, akademisi dari Univeristas Negeri Jakarta (UNJ) DR. Nurhattati Fuad, M.Pd membawa materi “Karakteristik Manajemen sekolah berbasis masyarakat dan strategi mengefektifkan kinerja komite sekolah”.

Sementara ketua Majelis Pendidikan Aceh (MPD) Aceh, Prof. Dr. Warul Walidin, Ak, MA membawa materi seminar “acuan operasional dan strategi revitalisasi Komite Sekolah”. Akademisi dari Universitas Serambi Mekkah Fadhillah, S.Pd.I, M.Pd yang juga menjadi pembicara kunci pada seminar tersebut membawa materi seminar “Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantangan Kinerja Komite Sekolah di Sekolah Dasar Banda Aceh”.

Forum seminar tersebut dipandu oleh Muslem Daud, M,Ed. P.hd sebagai moderator.

Seminar pendidikan ini dihadiri oleh ratusan peserta, diantaranya kepala sekolah, para guru, komite sekolah, dosen, para pemerhati pendidikan dan mahasiswa. Di samping partisipan dari luar, Seminar ini juga dihadiri oleh para pembantu rektor, para dekan yang ada di lingkungan Universitas Serambi Mekkah.

Ketua panitia pelaksana seminar nasional Nurlena Andalia mengatakan bahwa, kegiatan seminar ini dilaksanakan untuk menemukan bagaimana konsep partisipasi masyarakat dalam mendorong pendidikan menjadi ke arah yang lebih baik.