Home / ACEH / Jelang Detik-detik Proklamasi, Lima Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh Timur

Jelang Detik-detik Proklamasi, Lima Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh Timur

Bendera bulan bintang yang dinaikkan orang tak dikenal (OTK) di Desa Lhok Seuntang, Jukok, Aceh Timur, Kamis (17/8). (Zamzami Ali/Klikkabar).

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Dua hari setelah peringatan 12 tahun perjanjian damai antara RI dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 15 Agustus kemarin atau menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan RI, 17 Agustus hari ini, sejumlah bendera bulan bintang berkibar di Aceh Timur.

Menurut informasi yang dihimpun Klikkabar.com, sedikitnya lima lembar bendera bulan bintang dikibarkan oleh orang tak dikenal (OTK) di Desa Lhok Seuntang, Kec. Julok, Kab. Aceh Timur, Kamis 17 Agustus 2017.

Dua lembar diantaranya dikibarkan di gapura yang sebelumnya telah di cat merah putih, satu lembar diatas pohon pinang di depan masjid desa setempat dan dua lainnya diatas pohon kelapa. Masing-masing bendera berukuran sedang tersebut diduga dinaikkan pada tengah malam hari.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian sektor Julok yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Ipda Eko Hadianto telah turun ke lokasi dan mengamankan bendera yang dimaksud.

Sekedar diketahui  bendera bulan bintang seyogyanya sudah dijadikan sebagai bendera Aceh. Hal ini tertuang dalam Qanun (Perda) Aceh Nomor 3 tentang Lambang dan Bendera Aceh yang sudah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada tahun 2013 silam.

Namun bendera ini masih menuai kontroversi, karena dianggap mirip dengan bendera kebesaran Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sehingga Pemerintah Pusat belum mengizinkan bendera itu dikibarkan secara resmi. Pemerintah Aceh dan pusat sudah berulang kali berunding terkait masalah ini, namun hingga kini belum ada titik temu yang berhasil dicapai.

REPORTER : ZAMZAMI ALI