Home / ACEH / Tuntut Kejelasan Kasus Darmili, Masyarakat dan Mahasiswa Peduli Simeuleu Gelar Aksi di Kejati

Tuntut Kejelasan Kasus Darmili, Masyarakat dan Mahasiswa Peduli Simeuleu Gelar Aksi di Kejati

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Massa yang mengatasnamakan Masyarakat dan Mahasiswa Peduli Simelue menggelar aksi didepan kantor Kejaksaan Tinggi Aceh. Aksi dilakukan, Senin 17 Juli 2017.

Aksi dilakukan guna untuk meminta penjelasan terkait penahanan Darmili yang telah lama berstatus sebagai tersangka korupsi Perusahaan Daerah Kabupaten Simeuleu (PDKS).

“Apabila pak Darmili benar telah berstatus sebagai tersangka, kami berharap kasus ini dapat diselesaikan,” kata Johan Jarllah selaku korlap aksi.

“Kami menuntut keadilan, menuntut kepastian hukum,” teriak salah seorang pendemo.

Demostran yang meminta berjumpa kajati disambut oleh Kajati melalui Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus), T Rahmad Syah menerima lima perwakilan untuk menemuinya di ruangan.

Kepada perwakilan demostran, Rahmat mengatakan kasus tersebut tidak ditahan-tahan, mereka sedang menunggu hasil audit dari BPK perwakilan Aceh terkait kerugian negara dalam kasus tersebut.

“Kita terus berusaha semaksimal mungkin untuk mempercepat kasus ini, kita tidak berani menahan apabila belum ada kejelasan dari jumlah kerugian negara,” sebut Rahmat.

Untuk diketahui, mantan Bupati Simeulue Darmili telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) tahun 2002-2012.

PDKS merupakan perusahaan daerah yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dengan luas lahan mencapai 5.000 hektar pada dua lokasi, kawasan pegunungan Kecamatan Teupah Selatan dan Teluk Dalam. Pada 2012 operasional PDKS  dihentikan oleh pemkab setempat karena tidak berdampak positif bagi kemajuan daerah.

Setelah melakukan aksi di Kejati, Rencananya Demostran akan melakukan aksi kembali di kantor Gubernur guna untuk meminta Gubernur Aceh untuk menunda pelantikan Bupati Siemeulue terpilih, Erli Hasyim-Afridawati.[]

LAPORAN: ATHAILLAH