Home / ACEH / Atjeh Connection: Menikmati Nasi Gurih hingga Kue Adee khas Aceh di Kawasan Sabang

Atjeh Connection: Menikmati Nasi Gurih hingga Kue Adee khas Aceh di Kawasan Sabang

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Kalau sedang ingin menikmati makanan Aceh, bisa mampir ke tempat ini. Ada nasi gurih komplet hingga kue adee bertabur bawang goreng.

Restoran yang menyediakan makanan Aceh tergolong cukup banyak. Salah satunya Atjeh Connection yang punya cabang di kawasan Sabang.

Berbeda dari rumah makan Aceh kebanyakan, tempat ini lebih mirip dengan kafe modern. Karena juga jadi tempat ngopi. Namun beberapa pajangan dengan sentuhan Aceh menambah ciri khas restoran.

Atjeh Connection: Menikmati Nasi Gurih hingga Kue Adee khas Aceh di Kawasan SabangFoto: Detikfood

Terdapat beberapa menu yang ditawarkan. Seperti nasi gurih, nasi kuning, lontong sayur mamak, nasi goreng maupun mie Aceh. Kami memesan Nasi Gurih Telur Balado + Rendang (Rp 45.000) dan Mie Aceh Spesial (Rp 45.000) saat datang ke sana.

Nasi gurih seperti nasi uduk yang dimasak dengan santan. Disajikan dengan aneka lauk-pauk. Ada rendang daging, tauco, telur balado, teri kapas dan kerupuk.

Nasinya terasa gurih santan dengan tekstur agak pera sehingga bulir nasinya teras pulen. Disuap dengan telur balado yang sedikit pedas terasa seimbang gurih pedasnya.

Atjeh Connection: Menikmati Nasi Gurih hingga Kue Adee khas Aceh di Kawasan SabangFoto: Detikfood

Daging rendang yang jadi isiannya berbumbu kaya rempah. Tekstur dagingnya empuk dan bumbu cenderung basah. Penggunaan teri kapas dan kerupuk menambah sensasi kriuk renyah pada sajian nasi gurih.

Di Aceh nasi gurih dikenal dengan nama bu guri. Tak beda dengan racikan nasi rames nusantara. Nasi yang ditanak dengan santan disajikan dengan lauk-pauk. Umumnya dinikmati sebagai menu sarapan.

Sementara Mie Aceh Spesial pesanan kami disajikan dengan isian seafood, daging dan telur mata sapi. Taburan bawang goreng dan kerupuk menyempurnakan sajian.

Atjeh Connection: Menikmati Nasi Gurih hingga Kue Adee khas Aceh di Kawasan SabangFoto: Detikfood

Mie lidi atau hokkian terasa mulur kenyal dan tebal. Tekstur mie yang agak tebal diberi bumbu bercitarasa agak pedas dan bumbu kari ringan. Kuahnya kental nyemek menggenangi mie.

Isian daging teksturnya empuk dan cuminya kenyal. Meski begitu penggunaan telur mata sapi terasa kurang cocok bagi kami dimakan bersama mie. Sedikit berbeda dengan gaya racikan mie Aceh umumnya.

Santapan kami tutup dengan kue adee (Rp 10.000 per potong). Ini merupakan kue tradisional Aceh yang mirip kue bingkang. Tekstur lembut dan harum.

Atjeh Connection: Menikmati Nasi Gurih hingga Kue Adee khas Aceh di Kawasan SabangFoto: Detikfood

Uniknya kue ini diberi taburan bawang merah goreng. Rasa kue yang tak begitu manis, terasa unik dengan gigitan bawang goreng renyah. Enak! Pas jadi teman minum kopi.

Tertarik datang ke sini? Atjeh Connection tidak hanya punya gerai di Jalan Sabang. Gerainya juga ada di Slipi dan Gajah Mada. Di Slipi, misalnya, pilihan menu lebih bervariasi. (DETIK)

Atjeh Connection
Sabang 29
Jl. H. Agus Salim No. 29B
Menteng
Jakarta Pusat
Telp: 021-31925407