Home / ACEH / Gunung Salak, Destinasi Wisata Baru di Aceh Utara

Gunung Salak, Destinasi Wisata Baru di Aceh Utara

Pengunjung memadati Gunung Salak Aceh di Jalan KKA-Bener Meriah, Jum’at, 30 Juni 2017. (Muhammmad Fadhil/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, ACEH UTARA – Gunung Salak Aceh yang terletak di Jalan KKA Aceh Utara-Bener Meriah atau tepatnya di Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara menjadi destinasi wisata baru di kabupaten tersebut.

Pembukaan kembali jalan yang menghubungkan dua kabupaten itu selain dapat memudahkan masyarakat di sana dalam melakukan aktivitasnya, juga memudahkan para wisatawan saat berkunjung ke Takengon, Aceh Tengah.

Karena, jarak tempuh untuk menuju kota dingin itu lebih singkat dibandingkan melalui lintasan Juli, Bireuen.

Pengendara menerobos kabut yang menyelimuti kawasan kaki Gunung Salak Aceh. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

Pada saat liburan Idul Fitri 1438 H misalnya, ribuan pengunjung dan pengguna jalan yang datang silih berganti singgah di kawasan itu.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, para pengunjung juga dapat menyeruput berbagai jenis kopi yang disediakan di warung di kawasan pegunungan itu.

Lokasi parkir kendaraan di Gunung Salak Aceh. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

Selain menyediakan kopi, pemilik warung juga menyediakan sejumlah makanan seperti mie, bakso, kacang rebus, jagung rebus dan sejumlah makanan lainnya.

Warung yang menyediakan makanan dan minuman di kawasan Gunung Salak Aceh. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

Salah seorang penjaga warung mengatakan, saat liburan Idul Fitri para pengunjung di kawasan itu meningkat drastis.

Sebagian pengunjung berasal dari para pengguna jalan yang singgah saat melintasi kedua kabupaten itu. Sementara selebihnya, tempat itu disesaki oleh para pengunjung yang khusus datang untuk menikmati panorama alam di sana.

“Selain hari ini (Jum’at) para pengunjung di tempat ini memang membludak, sehingga banyak pengunjung yang memesan makanan tak kebagian tempat duduk,” katanya kepada Klikkabar.com, Jum’at sore, 30 Juni 2017.

Pengunjung berfoto di pintu masuk Gunung Salak Aceh. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

Sementara Akmal, salah seorang pengunjung mengatakan, dirinya berkunjung ke kawasan tersebut karena panorama Gunung Salak masih alami, sehingga keindahan masih tetap terjaga.

“Menariknya, di lokasi ini terdapat tempat santai yang nyaman bagi pengunjung, kemudian ada juga dekorasi-dekorasi yang menarik seperti payung terbang,” kata Akmal yang mengaku datang dari Bireuen. []

REPORTER: MUHAMMAD FADHIL