Home / ACEH / Aceh Nanggroe Indatu Diseminarkan

Aceh Nanggroe Indatu Diseminarkan

IST

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Dinas Perpustakaan dan Arsip Aceh menggelar seminar kajian akademik Aceh Nanggroe Indatu dan Kajian Strategis Pengembangan Ibu Kota Pemerintah Aceh dan Masyarakat Ekonomi Asean di aula kantor setempat pada Rabu 21 Juni 2017.

Ketua Panitia pelaksana, Zulkifli mengatakan, seminar tersebut diadakan untuk mengingat kembali peristiwa sejarah yang pernah terjadi di Aceh.

Ia mengatakan bahwa penulis sejarah merupakan suatu hal yang harus dibanggakan dan dihargai, karena dengan adanya penulis sejarah, setiap peristiwa-peristiwa penting akan terus dikenang tanpa batas waktu.

“Dengan banyak para penulis, yaitu penulis sejarah maka kita tau dan tidak akan lupa sejarah Aceh khususnya, orang dongeng aja bisa menulis dijadikan sejarah,” kata Zulkifli.

Lebih lanjut dikatakan Zulkifli, bahwa ia sangat berharap supaya buku-buku sejarah di Aceh harus selalu dibedah, supaya sejarah Aceh tidak pernah dilupakan oleh generasi-generasi selanjutnya.

“Kita juga mengharapkan, supaya di Aceh ini diadakan tempat sebagai pojok baca, supaya pemahaman sejarah dibaca dan dikenang terus, karena sudah banyak peradaban sejarah tentang Aceh, sudah dilupakan,” ajak Zulkifli.

Maka dari itu, tambah Zulkifli, pihaknya juga menginginkan dengan diadakan kajian akademik Aceh Nanggroe Indatu ini melahirkan penulisan- penulisan baru tentang sejarah Aceh, dan lambang keacehan.

“Icon-icon Aceh yang harus kita jagakan, supaya orang luar yang datang Aceh melalui Bandara SIM misalnya, akan tau banyak tentang hal yang lebih positif, tentang Aceh,” tutupnya. []

REPORTER : IKHSAN