Home / ACEH / Prof Syamsul Rijal : Pancasila Sebagai Pemersatu

Prof Syamsul Rijal : Pancasila Sebagai Pemersatu

Warek III UIN Ar-Raniry, Prof Dr Syamsul Rijal MAg (tengah) bersama Ketua KNPI Aceh, Jamaluddin (kanan) dan Pimpinan Umum Klikkabar.com, Fakhrul Radhi (kiri) saat menjadi pembicara dalam Diskusi Kebangsaan Refleksi Hari Lahir Pancasila.

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Wakil Rektor III , UIN Ar-Raniry, Prof Dr Syamsul Rijal MAg mengatakan bahwa Pancasila merupakan alat pemersatu bagi seluruh anak bangsa di indonesia.

Hal Tersebut dikatakan oleh Syamsul Rijal dalam Diskusi Kebangsaan Refleksi Hari Lahir Pancasila dengan tema “Pancasila Sebagai Pemerkuat Integrasi Bangsa” yang digelar oleh Dema UIN Ar-Raniry dan STKIP BBG Aceh di Cek In Coffe, Lamnyong Banda Aceh. Minggu 18 Juni 2017.

“Pancasila ini memang diciptakan sebagai alat pemersatu oleh para pendiri bangsa setelah melewati banyak tahapan dan pemikiran,” katanya dalam diskusi kebangsaan tersebut.

Menurutnya, tanpa sebuah pemersatu seperti Pancasila maka tidak akan bisa menyatukan bermacam-macam suku, agama, dan ras yang hidup di indonesia, sebut Wakil Rektor III UIN AR-Raniry tersebut.

Lanjutnya, dikatakan oleh Prof Syamsul Rijal Seluruh unsur yang terkandung dalam sila Pancasila sudah lengkap untuk ditekuni oleh masyarakat dalam tata berkehidupan untuk menyatukan bangsa.

“Seperti sila ke 5, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, ini sudah mengajak kita semua untuk berlaku adil dalam tataran sosial,” katanya.

Maka dari itu, ia mengajak kepada seluruh mahasiswa dan pemuda untuk lebih kreatif dalam dan kritis untuk sebagai generasi masa depan, serta menekuni terhadap isi yang terkandung dalam pancasila, harapnya. []

REPORTER : IKHSAN