Home / ACEH / Nasir Djamil: Bhineka tunggal ika sebagai semboyan kita bersama

Nasir Djamil: Bhineka tunggal ika sebagai semboyan kita bersama

Anggota DPR RI asal Aceh, Nasir Djamil. (nasirdjamil.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Sebanyak 200 Mahasiswa  UIN Ar-Raniry mendapatkan penyuluhan Empat Pilar MPR RI dengan Pancasila, UUD, NKRI 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Bhineka Tunggal Ika di Aula lantai III Gedung Pasca sarjana UIN Ar – Raniry, Darussalam Banda Aceh,  Minggu, (18/6/17).

Kegiatan tersebut dalam rangka diskusi Kepemudaan Aceh dalam pembangunan berdasarkan Pancasila,Bineka tungal ika dalam Bingkai NKRI yang di gelar oleh Forum Pemuda Intelektual Aceh (FORPI).

Dalam penyuluhan tersebut, Komandan Kodim 0101/BS, Letnan Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto S.IP menyampaikan Empat pilar kebangsaan, diantaranya Esensi nilai kebangsaan, Keristalisasi Nilai – nilai, Sejarah ideologi lahirnya Pancasila, Sejarah Kesatuan Negara Republik Indonesia dan Kedudukan Pancasila.

Dandim 0101/BS juga menyampaikan bahwa sosialisasi ini merupakan salah satu wujud upaya nyata, untuk tetap tegaknya NKRI, melalui implementasi sosialisasi kepada generasi muda Aceh.

”Pemuda harus memiliki peran aktif dalam pembangunan,karena sebagai tulang punggung Bangsa dalam mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Dandim kepada 200 siswa-siswi tersebut.

Dandim mengajak kepada semua Masyarakat agar terus menanamkan jiwa Nasionalisme dan aktifitas positif Pemuda dalam pembangunan sesuai dengan Pancasila demi keutuhan NKRI.

“Kita Indonesia, Kita Pancasila Bhineka Tunggal ika,” pungkasnya.

Sementara itu, anggota DPR RI.  M.Nasir Djamil menyampaikan Empat Pilar MPR RI, bahwa Pancasila sebagai dasar Negara. Ia menjelaskan UUD Negara RI 1945 sebagai Konstitusi Negara dan ketetapan MPR.

“Jadi NKRI sebagai bentuk Negara, Bhineka Tunggal ika sebagai simbol Negara dan Intelektual organik adalah bagaimana melihat situasi dieara yang sulit intelektual Organik bukan mekanik,” jelasnya kepada mahasiswa Uin Ar – Raniry.

M.Nasir Djamil menyatakan,  TNI lahir dari Rahim rakyat dan akan bersama – sama dengan rakyat memperjuangkan Pancasila.

“ Oleh sebab itu, Bhineka tunggal ika sebagai semboyan kita bersama, kita harus menjadi intelektual organik, yang dapat berpartisipasi dalam pembangunan,” tukas anggota DPR RI.  M.Nasir Djamil.

Penyuluhan tersebut juga dihadiri ketua KNPI pusat yang diwakili oleh Sdr Irfan, Ketua FORPI Rasyidin Raden, S.Pd dan Ketua KNPI diwakili Bendahara Umum KNPI Irfannusir Rasman S.Ag, S.E, M.S.I.