Home / ACEH / Pemkab Aceh Selatan Fokus Bangkitkan Dayah

Pemkab Aceh Selatan Fokus Bangkitkan Dayah

KLIKKABAR.COM, ACEH SELATAN – Di bawah kepemimpinan H T Sama Indra selaku Bupati Aceh Selatan saat ini, pemerintah setempat terlihat begitu fokus dalam bidang pendidikan agama, terutama dalam membangkitkan dayah atau pesantren yang merupakan tempat para santri dalam menempuh pendidikan non formal.

Beberapa langkah telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengembangkan dan membangkitkan dayah di Aceh Selatan, seperti rencana pengalokasian anggaran untuk operasional serta pemberdayaan ekonomi dayah.

Baru-baru ini, Bupati Sama Indra meminta delapan Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) untuk mengsinkronisasikan hal-hal bersifat pemberdayaan ekonomi terhadap dayah dimaksud.

Hal itu disampaikannya saat bersilaturrahmi dengan para ulama di Gedung Rumoh Agam, di Tapaktuan, beberapa waktu lalu.

“Saya ingin setiap dayah di Aceh Selatan memiliki usaha ekonomi melalui program pengembangan ekonomi dayah, agar operasional dayah tidak tergantung semata-mata dari plot anggaran pemerintah,” kata Sama Indra.

Menurutnya, seluruh Dayah di Aceh Selatan ini sesuai tipe harus mendapat biaya operasional dari Pemkab Aceh Selatan. Dengan mendapat biaya operasional maka pesantren tersebut sudah bisa masuk auditor untuk mengaudit dana Dayah yang bersumber dari APBK.

Kesemua itu lanjutnya bertujuan membangun kembali pembangunan Aceh Selatan yang islami untuk menuju kebesaran Aceh Selatan kedepan. Dikatakannya Aceh Selatan mempunyai nama besar dalam bidang Dayah, namun akhir-akhir ini nama besar itu telah pindah ke daerah lainnya yang ada di Aceh. Untuk itu dia menginginkan kejayaan Dayah dan masyarakat islami di Aceh Selatan ini.

“Selama kepemimpinan kami yang sudah berjalan 4 tahun 1 bulan kami mulai melangkah ke arah itu, antara lain melahirkan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Aceh Selatan guna menciptakan generasi kita yang islami,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah ulama sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah, bahkan sejumlah ulama yang hadir meminta agar T Sama Indra untuk mencalonkan diri kembali pada ajang Pilkada mendatang.