Home / ACEH / Harga Sembako di Labuhan Haji Stabil

Harga Sembako di Labuhan Haji Stabil

Ilustrasi (Maksalmina/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, ACEH SELATAN – Menjelang lebaran Idul Fitri 1438 H, harga sembilan bahan pokok (sembako) di Kecamatan Labuhan Haji relatif stabil selama satu pekan terakhir.

Dari hasil pantauan yang dilakukan Babinsa Koramil 02/Labuhan Haji di pasar – pasar tradisional yang terletak di Desa Apha, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu 18 Juni 2017, Serda Syarif mengatakan bahwa harga sembako masih tergolong stabil, jika pun ada kenaikan tidak berpengaruh pada terjadinya gejolak.

“Dari minggu lalu sampai hari ini, untuk harga sembako tidak ada kenaikkan, masih sama dengan sebelumnya, bahkan terjadi penurunan harga cabe rawit yang sebelumnya Rp 20.000/Kg menjadi Rp. 18.000/Kg,” kata Serda Syarif.

 

Hal tersebut dibenarkan oleh Mawardi salah satu penjual sembako, yang menyampaikan bahwa harga sembako di Labuhan haji masih normal dan stabil.

“Kami menjual sesuai harga pasar, masyarakat belum ada yg mengeluh dengan harga yang kami jual, mulai dari beras, cabe, bawang, bumbu masak maupun sayuran,” terang Mawardi.

Ia menambahkan, Bahkan cabe merah yang biasa harganya tinggi, pada saat mau lebaran ini harga masih normal di bawah Rp. 20.000/Kg.

Sementara itu, Danramil 02/Labuhanhaji Kapten Inf Wahid memerintahkan seluruh Babinsanya agar melakukan pengecekan dan pendataan harga sembako setiap harinya.

“Babinsa setiap hari turun ke pasar untuk cek harga sembako, kita upayakan menjaga kestabilan pasar Labuhanhaji, jika ditemukan ada yang tidak beres maka akan saya laporkan ke satuan atas dan instansi terkait,” tegas Danramil.

Secara keseluruhan, menurut data yang didapat dari hasil pantauan dilapangan, menjelang lebaran harga sembako yang dijual di sejumlah pasar – pasar Kabupaten Aceh Selatan masih bervariatif seperti cabai merah dengan variasi harga/Kg mulai 12.000 – 25.000, cabe rawit 12.000 – 30.000, bawang merah 12.000 – 30.000, bawang putih 35.000 – 60.000, minyak goreng biasa 12.000 – 15.000, minyak goreng berlebel 19.000 – 30.000, gula putih 13.000.

Untuk mengantisipasi melonjaknya harga sembako menjelang lebaran dan menertibkan harga pasar, diharapkan agar Pemda Kabupaten Aceh Selatan untuk mengintensifkan pelaksanaan operasi pengawasan terkait bahan pokok. (Kodam IM)