Home / ACEH / Awwal, Gadis Cantik Pecinta Publik Speaking asal Ulee Kareng

Awwal, Gadis Cantik Pecinta Publik Speaking asal Ulee Kareng

Awwaliyah @IST

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Gadis periang dan cuek, inilah sebutan yang tepat untuk seorang Awwaliyah atau lebih di kenal dengan nama Awwal.

Gadis kelahiran 2 Januari 1992 ini, memilih aktif menjalani profesi sebagai seorang reporter televisi stasiun Aceh, penyiar radio, presenter TV, MC, dan guru SD.

Kegemaran Awwal terhadap dunia penyiaran yang ia kenal sejak umur 15 tahun itu merupakan salah satu cita-citanya sejak masih kecil, bahkan menjadi penyiar, telah dimulainya sejak duduk di bangku kelas 3 Sekolah Menengah Atas (SMA).

Gadis yang kini berusia 25 tahun ini mengaku sangat menyukai dunia publik speaking yakni sebagai presenter, karena menurutnya hal itu dapat menyalurkan hobinya sebagai orang yang mampu berbicara di depan umum.

“Jadi presenter itu, kalau saya pribadi, bisa memiliki kesempatan meningkatkan ilmu tiap harinya, selalu ada informasi yang baru dan dunianya itu dinamis banget. Yang sekarang bukan hanya news aja sich, tapi acara santai kaya siaran radio pun, juga saya jalani, pokoknya di dunia public speaking saya senang banget,” katanya kepada wartawan, pada Kamis 15 juni 2017.

Menurut dia, yang penting itu punya penampilan yang baik dan perlu didukung dengan watak dan pengalaman.

“Kecerdasan pikiran yang meliputi pengetahuan umum, penguasaan bahasa, daya penyesuaian, dan daya ingatan yang kuat, itu yang penting,” pungkasnya.

Untuk menambah kualitasnya sebagai seorang reporter TV, penyiar radio dan presenter ini, Awwal mengaku banyak membaca buku dan berdiskusi dengan para seniornya. Belajar teori, menurutnya sedikit membantu, namun cara belajar yang lebih penting, kata dia adalah terjun dan praktek langsung.

Kalau saya lebih learning by doing ya, toh juga saya percaya kalau kita gali dari orang yang sudah pernah terjun kesitu, kita bisa lebih cepat belajarnya,” kata gadis yang saat ini menetap di Ulee Kareng, Banda Aceh.

Menjadi presenter berita yang berkualitas, menurut Awwal, ada beberapa faktor yang wajib dimiliki, pertama adalah pengetahuan umum yang bagus. Seorang penyiar radio atau presenter TV dituntut untuk bisa beradaptasi dalam waktu yang cepat, oleh karena itu diperlukan wawasan yang cukup luas baik dalam aspek politik, ekonomi, budaya, lingkungan, sosial, dan lainnya, tambah dia.

“Sebenarnya, meskipun saya sudah terjun di dunia ini, saya masih belajar juga dan itu harus. Ya pokoknya apapun itu kondisinya, di event apapun, mau yang serius, atau santai, kita itu tetap dituntut untuk selalu bisa blend dengan audience, tim, dan pokoknya kita harus bekerjasama dengan berbagai pihak,” tukasnya. []

REPORTER: IKHSAN