Home / ACEH / Aceh Utus Qari Terbaik pada MTQ DMDI Antar Bangsa Malaysia

Aceh Utus Qari Terbaik pada MTQ DMDI Antar Bangsa Malaysia

IST

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) provinsi Aceh mengutuskan Qari dan Qariah terbaik pada MTQ Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) antar bangsa yang ke-8 berlangsung di Melaka, Malaysia.

Even bertaraf internasional ini di selenggarakan oleh DMDI bersama Majelis Agama Islam Melaka (MAIM), yang berlangsung selama lima hari mulai Sabtu, (12-16 Juni 17) mendatang yang dipusatkan di Masjid Batang Tiga, Tangga Batu, Melaka.

Majelis ini di ikuti oleh 20 negera diantaranya Malaysia, Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Kamboja, China, Sri Langka, Australia, Bosnia, United kindom, Mesir, Afrika, Maladewa, Canada, dan lima negara lainnya.

Datok Muhammad Ali Rustam, selaku presiden DMDI mengatakan acara ini merupakan kegiatan tahunan yang dihadiri oleh seribu umat Islam melayu bertujuan untuk membudayakan minat membaca Al-Quran kaum muslimin di kalangan negara-negara anggota DMDI disamping untuk meningkatkan syiar islam.

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk membudayakan minat membaca Al-Qur’an kaum muslimin yang tergabung dalam Negara-negara anggota DMDI. Dalam kesempatan tersebut dibuka langsung oleh Datuk Seri Utama Ir. Hj. Idris bin Hj. Haron sebagai Ketua Menteri Melaka,” katanya.

Menurut Ridwan Johan selaku kepala UPTD PPQ Dinas Syariat Islam Aceh, dalam kesempatan tersebut utusan Aceh diwakili oleh Suryadi (Qari) dan Ika Fikrika (Qariah) turut didampingi oleh H.M. Iqbal Hasan, S.Hi.

“Para Qari dan Qariah yang diutus terlebih dahulu sudah dibekali dan dipersiapkan sebaik-baiknya oleh LPTQ Aceh, dengan harapan para wakil Aceh kita berharap sukses meraih prestasi terbaik dan berhasil membawa nama baik daerah umumnya dan provinsi Aceh khususnya,” kata Ridwan Johan, Kamis 15 Juni 2017.

Untuk informasi utusan Indonesia diwakili dari berbagai provinsi diantaranya Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Sumatra Selatan, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Sulawesi serta yang lainnya. Di Malaysia diantaranya Melaka, Johor, Perak, Kelantan, Kuala Trengganu, Negri Senbilan, serta lainnya. (rel)