Home / BERITA TERBARU / Warung kopi, Tempat Waktu Luang Pemuda Aceh

Warung kopi, Tempat Waktu Luang Pemuda Aceh

Oleh: Syarifah Rhaudina

KLIKKABAR.COM- Warung kopi sudah ada di aceh sejak dulu kala, dari masa nenek moyang kita sampai dengan sekarang.Warung kopi itu sendiri mudah ditemukan di berbagai tempat di Nanggroe Aceh Darussalam. Berbagai kalangan, terutama kaum muda,  duduk dan asyik mengobrol berjam-jam di tempat itu. Warung kopi telah menjadi titik untuk bertemu bagi mereka yang suka berbincang, mulai dari soal seni, politik, bisnis, hingga obrolan lainnya. Kehadiran warung kopi di Tanah Rencong itu memiliki sejarah yang panjang.

Di Aceh, warung kopi merebak di mana-mana. Semula banyak ditemukan di pantai barat, namun kini di pantai timur mudah pula ditemukan warung kopi. Meski demikian, masih sulit ditelusuri asal-usulnya. Tidak banyak bukti tertulis dan arkeologis yang memberi petunjuk soal kehadiran warung kopi di sana sehingga kita hanya bisa menduga-duga masuknya warung kopi ke provinsi itu.Kehadiran warung kopi di Aceh sangat terkait dengan sejarah perkembangan tempat tersebut.

Ketika Kesultanan Aceh berkembang, mereka kerap kali berkomunikasi dengan Kesultanan Ottoman yang sekarang telah menjadi negara Turki. Warung kopi pada jaman sekarang lebih digunakan oleh anak remaja sebagai tempat untuk mengisi waktu luang mereka. Bisa untuk berkumpul bersama dengan teman mereka sendiri ataupun tempat untuk melakukan aktivitas-aktivitas lainnya seperti menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau perkuliahan dan juga hal-hal penting lainnya. Warung kopi sendiri menyediakan fasilitas-failitas yang memadai agar anak remaja dapat tetap betah untuk tinggal dengan lama di warung kopi sendiri.

Berlama-lama di warung kopi sendiri pastinya memiliki positif and negatif untuk para remaja hal itu dikarenakan jika mereka berada di warung kopi tersebut pastinya mereka akan meminum kopi itu sendiri walaupun tidak banyak untuk kadar per-hari namun jika di ulang terus menerus dalam jangaka waktu yang lama pastinya akan berdampak buruk untuk si peminum dikarenakan kopi mengandung kafein yang mampu menstimulasi produksi dua hormone perangsang, yaitu kortison dan adrenalin.

Akibatnya, dalam waktu singkat kopi berpengaruh menghilangkan kantuk, meningkatkan kesadaran mental, pikiran, focus, dan respon. walaupun, kopi sangat berguna untuk menjaga agar mata tetap terbuka. Namun jika mengosumsi kopi dengan porsi banyak, hal itu dapat merusak mata dan kalau dibiarkan bisa menyebabkan kebutaan permanen disebabkan kandungan kafein dalam kopi.Kerusakan yang terjadi akibat terlalu banyak meminum kopi berkafein tersebut adalah Glaucoma yaitu salah satu gangguan yang tercatat sebagai penyebab terbanyak kasus glokoma sekunder di seluruh dunia.

Adanya peningkatan tekanan bola mata bisa menyebabkan kebutaan kalau dibiarkan terus menerus tanpa mendapatkan penanganan. Tekanan tersebut bisa  meningkat cukup tinggi, hingga cukup untuk merusak saraf optik yang ada di mata dan sekitar. Hasil beberapa penelitian pengaruh kadar kafein dalam kopi terhadap kesehatan juga menunjukkan hasil bahwa banyak mengosumsi kopi kafein akan meningkatkan resiko exflotain glukoma.

Tapi pastinya ada juga hal-hal psotif untuk para remaja lainnya yaitu untuk beberapa kalangan muda warung kopi adalah sumber informasi dan inspirasi karena tidak jarang mereka dapat menemukan ide dan gagasan saat ngopi. Juga bagi sebagian remaja pecinta kopi, menikmati kopi dengan racikan sendiri akan terasa berbeda dengan saat mereka menikmati kopi di warung kopi. Juga dengan meminum kopi dapat meningkatkan konsentrasi .

Penelitian para ahli telah membuktikan peranan kafein dalam memacu tekanan darah dan denyut jantung. Selama di kosemsi tidak berlebihan. Kafein dapat membentuk kombinasi antara tekanan darah dan denyut jantung yang dapat membantu melancarkan peredaran darah ke otak, sehingga memicu tingkat kelelahan dan konsentrasi  kita, idealnya, konsumsi kopi sebanyak 3 gelas sehari adalah batas wajar agar tubuh anda tidak kelebihan asupan kafein, tingkat konsentrasi tinggi banyak diperlukan dalam menutut penelitian dan kepekaan terhadap detail.

Kopi dapat berperan dalam mencegah dan menangani resiko diabetes.Pengolahan resiko diabetes terkait erat dengan cara menjaga kadar gula dalam darah. Kopi telah diketahui mengandung kloroganik yang berperan untuk membantu memperlancar proses perencanaan karbohidrat dan lemak, sehingga mengurangi resiko terjadinya lonjakan gula darah secara tiba – tiba yang dapat berakibat fatal bagi penderita diabetes.

Untuk memperoleh manfaat maksimal, konsumsilah kopi minum 1 cangkir sehari dengan tidak menggunakan gula berlebihan.Meminum kopi dapat mengurangi potensi stress dan depresi.Salah satu alasan banyak orang meminum kopi adalah efek menenangkan mereka. Fakta ini lagi – lagi berhubungan dengan peran kafein terhadap kinerja jantung dan otak, secara ilmiah, stress akan timbul akabit kadar hormon kortisol yang berlebihan dalam tubuh. Setelah satu penyebab peningkatnya produksi hormone kortisol adalah kelelahannya sistem keseimbangan tubuh, yang diantara lain desebabkan oleh kelelahan dan gaya hidup kurang sehat.

Jadi walaupun kafeine yang terdapat pada kopi bisa berakibat fatal namun jika dapat dikonsumsi dengan baik dan benar dapat menjadi penghalang untuk beberapa penyakit. Oleh karena itu warung kopi tetap bisa menjadi sarana tempat berkumpul kaum muda untuk melakukan hal-hal positif lainnya sehingga dampak buruk yang muncul akibat seringnya berkumpul di warung kopi sendiri tidak untuk menjadi penghalang kreativitas mereka semua.

Penulis adalah mahasiswi Psikologi Unsyiah