Home / ACEH / Aceh Selatan akan Punya Masjid Terapung di Laut

Aceh Selatan akan Punya Masjid Terapung di Laut

Bupati Aceh Selatan T Sama Indra bersama para ulama meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Terapung An-Nur

KLIKKABAR.COM, ACEH SELATAN – Kabupaten Aceh Selatan dalam beberapa tahun ke depan akan memiliki sebuah masjid yang begitu megah atau yang diberi nama sebagai Masjid Terapung An-Nur yang dibangun di atas laut atau tepatnya di pinggiran pantai.

Pembangunan masjid ini bukanlah hanya sebatas wacana belaka saja, baru-baru ini, tepatnya pada 23 Mei 2017 lalu, Bupati Aceh Selatan T Sama Indra baru saja meletakkan batu pertama pembangunan masjid ini.

Pada kesempatan tersebut, Bupati T Sama Indra mengungkapkan bahwa masjid terapung tersebut diharapkan dapat menjadi icon atau objek wisata religi.

Sebagaimana diketahui kehadiran masjid megah ini merupakan sebuah cita-cita yang sudah lama diimpikan oleh Bupati Sama Indra.

“Kita ingin menjadikan wajah Kota Tapaktuan tidak hanya sebatas sebagai ibukota saja, melainkan mampu menjadi kota wisata religi dan menjadikan masjid ini sebagai tempat ibadah masyarakat, sekaligus menjadi tempat singgah bagi para musafir saat melintas di Aceh Selatan,” ungkap Bupati Sama Indra.

Ia juga sempat menggalang dana untuk pembangunan masjid, hal itu dilakukan dia saat meletakkan batu pertama pembangunan masjid tersebut. Selain dari pejabat pemerintah, ia juga menggalang dana dari para pengusaha lokal dan luar untuk pembangunan tiang pancang masjid yang diprediksi akan menelan biaya sekitar Rp.1,8 Miliar.

Keseriusan Bupati Sama Indra untuk mewujudkan masjid terapung ini juga terlihat saat pergelaran Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG), saat itu Pemkab Aceh Selatan langsung menempatkan sebuah baliho besar yang menggambarkan rancangan pembangunan Masjid Terapung An-Nur.

“Kita ingin sebuah pembangunan itu dapat dirasakan oleh generasi-generasi selanjutnya, seperti halnya pembangunan masjid ini yang dapat digunakan oleh generasi-generasi selanjutnya,” ujarnya.

Bupati T Sama Indra sangat mengharapkan dukungan dari seluruh pihak agar pembangunan masjid terapung tersebut dapat berjalan lancar, dan benar-benar mampu menjadi icon Kabupaten Aceh Selatan.

“Masjid ini adalah sebuah upaya pemerintah untuk kemajuan Aceh Selatan, kita terus berbenah, tidak hanya di sektor infrastruktur namun juga diberbagai sektor. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Aceh Selatan yang maju dan sejahtera. Selain itu, kehadiran masjid ini juga untuk memperkuat Aceh Selatan sebagai wilayah yang religius sebagaimana Aceh Selatan yang dikenal di masa lampau. Insya Allah dengan doa dan dukungan semua pihak, ini dapat kita wujudkan,” pungkasnya.