Home / ACEH / Miliki Sabu, Polisi Amankan Sipir dan Penghuni Rutan Bireuen

Miliki Sabu, Polisi Amankan Sipir dan Penghuni Rutan Bireuen

IST

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – TH (29) warga Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh terpaksa mendekam di balik jeruji besi. Ia ditangkap polisi pada Kamis dini hari, 8 Juni 2017 pukul 00.30 WIB di Halaman Rutan Bireuen setelah kedapatan memiliki narkotika jenis sabu.

Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sunardi mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan oleh anggota unit Opsnal Sat Resnarkoba Polres Bireuen dengan cara melakukan undercoverbuy dengan memesan narkotika jenis sabu pada tersangka yang bertugas sebagai sipir di Rutan Bireuen.

Dalam penangkapan itu, petugas juga mengamankan satu paket sedang narkotika jenis sabu dengan berat 5,2 gram, satu unit hp Samsung, satu buah dompet warna coklat dan satu buah pistol gas air mata inventaris LP.

“Saat undercoverbuy, pelaku sedang melaksanakan piket sebagai sipir Rutan Cabang Bireuen,” kata Agus kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis 8 Juni 2017.

Agus menjelaskan, saat proses undercoverbuy tersebut tersangka menyuruh anggota yang menyamar untuk datang ke rutan via handphone untuk mengambil sabu yang sudah dipesan.

Pada saat ditangkap, tersangka sempat melakukan perlawanan dan mengeluarkan pistol jenis gas air mata.

“Selanjutnya hasil interogasi terhadap tersangka tersangka mengaku sabu tersebut diperoleh dari dalam lapas dari seorang napi dan selanjutnya tim gabungan dari Opsnal Sat Resnarkoba, Opsnal Reskrim, Opsnal Intel, Sabhara dan Intel Kodim melakukan pengembangan,” jelas Agus.

Dari pengembangan tersebut, petugas akhirnya mengamankan lima tersangka lainnya yaitu AJ (34), Z (30), A (42), S (48), T (24) setelah terbukti memiliki dan mengonsumsi barang haram tersebut.

“Kini seluruh tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolres Bireuen untuk proses hukum lebih lanjut,” pungkasnya. []

REPORTER: MUHAMMAD FADHIL