Home / ACEH / Ekspor Via Pelabuhan Aceh Naik 12,68 Persen

Ekspor Via Pelabuhan Aceh Naik 12,68 Persen

Nilai ekspor melalui pelabuhan di Provinsi Aceh pada April 2017 sebesar 7,5 juta dolar Amerika Serikat atau mengalami kenaikkan 12,69 persen dibandingkan Maret 2017 yang hanya 6,721 juta dolar.
“Komoditi yang ada di Aceh saat ini mulai dikirim melalui pelabuhan-pelabuhan yang ada di Aceh, dimana sebelumnya memanfaatkan pelabuhan yang ada di luar Aceh yakni Sumatera Utara,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh Wahyudin di Banda Aceh, Jumat.
Ia menjelaskan arus barang yang dikirim melalui pelabuhan yang ada di Aceh saat ini sudah menunjukkan pertumbuhan signifikan dibanding sebelumnya seperti pengiriman komoditas pertanian.
“Pemanfaatan pelabuhan yang ada di Aceh seperti Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar dan pelabuhan lainnya harus terus didorong oleh Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota,” katanya.
Menurut dia pemanfaatan pelabuhan di Aceh secarama maksimal akan memberikan nilai tambah kepada daerah termasuk tersediaanya lapangan kerja bagi masyarakat sekitar khususnya.
“Kita akan menikmati langsung nilai tambahnya, kalau di kirim melalui pelabuhan luar Aceh maka nilai tambah akan dinikmati oleh masyarakt provinsi lainnya bukan dinikmati masyarakat Aceh,” katanya.
Pihakya berharap kepada semua kalangan usaha untuk mengoptimalkan pemanfaatan palabuhan yang ada di Aceh sebagai salah satu sarana untuk mengirimkan barang ke negara tujuan. (ANTARA ACEH)