Home / ACEH / Carimodal.id, Solusi Bagi UMKM yang Krisis Modal

Carimodal.id, Solusi Bagi UMKM yang Krisis Modal

IST

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Carimodal.id merupakan platform atau wadah kolaborasi antara pengusaha dengan investor. Jika selama ini Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menggunakan jasa pinjaman atau perbankan pihak lain, maka Carimodal.id menjadi alternatif dan solusi bagi UMKM yang kesulitan atau krisis modal untuk menjalankan suatu usaha.

Platform crowdfunding online ini dapat menghubungkan para pengusaha dengan investor dalam Equity Crowdfunding, yaitu dengan melakukan pengumpulan dana dari investor-investor untuk mendanai suatu startup atau UMKM kemudian berkolaborasi mengembangkan usaha bersama.

Seiring perkembangan zaman, teknologi menjadi kemudahan bagi pengguna untuk mengikuti tren masa kini. Salah satunya, mengumpulkan dana untuk permodalan usaha berbasis online. Karena saat ini, kebutuhan modal dalam mengembangkan suatu usaha membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Lebih lanjut, Carimodal.id juga merupakan wadah para pengusaha dalam mengembangkan bisnis untuk mendapat atensi dari investor. Dengan persyaratan yang mudah, menjadikan Carimodal.id salah satu solusi bagi UMKM yang sedang mengalami kemacetan dana saat menjalankan usaha.

Dengan adanya investor menjadikan pengusaha tidak harus memikirkan pengembalian dana. Usaha yang dimaksud minimal sudah beroperasi satu tahun dan memiliki kelengkapan surat izin usaha atau pembukuan usaha yang jelas.

Tak hanya itu, kemudahan yang difasilitasi Carimodal.id juga beragam. Equity Crowdfunding pertama di Indonesia ini juga memberikan fasilitas perencanaan bisnis, rencana pengembangan usaha dan rencana penggunaan modal sebagaimana diharapkan oleh investor. Hal ini memudahkan pengusaha dalam memberikan informasi bagaimana kondisi usaha yang sedang dijalankan saat ini.

Selain itu, Carimodal.id juga menawarkan sistem monitoring. Hal ini untuk mewujudkan kemudahan bagi UMKM dan Investor mengupdate perkembangan usaha setelah dana yang dimaksud telah diberikan kepada UMKM. Serta Platform ini juga mendampingi para pengusaha dalam mengatur strategi perkembangan usaha dengan menyediakan konsultan bisnis dan mendampingi dalam pembuatan laporan keuangan usaha.

Tak senada dengan layanan pinjaman atau perbankan, Carimodal.id merupakan alternatif pendanaan tanpa pengembalian modal, tanpa bunga dan tanpa agunan. Melainkan hanya pembagian hasil dengan investor selama usaha tersebut berjalan.

Lebih lengkap, dapat disimak kelebihan Carimodal.id dibandingkan jasa pinjaman atau perbankan lainnya. Carimodal.id menawarkan dana yang bersifat tidak memiliki batas waktu, penggunaan dana hanya untuk pengembangan usaha dengan jumlah dana yang tidak terbatas, yaitu sesuai dengan kebutuhan pengembangan bisnis.

Tak hanya itu, periode pengembalian dana berupa bagi hasil berdasarkan keuntungan ril setiap bulan yang dibayarkan pada setiap periode. Juga adanya konsultan bisnis, pendampingan dalam merancang bisnis plan, monitoring dan marketing online. Menariknya lagi, Carimodal.id memiliki pembagian resiko saat kerugian, apabila usaha yang sedang dijalankan mengalami kerugian, pengusaha dan investor menanggung kerugian bersama.

Untuk diketahui, Carimodal.id merupakan gagasan atau ide dari putra daerah asal Aceh, yang ingin berkontribusi untuk negeri dalam bidang ekonomi.

“Tujuan Carimodal.id ini untuk meningkatkan investasi usaha di Indonesia guna menciptakan perusahaan-perusahaan lokal yang dapat bersaing di tingkat nasional hingga global yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan pengurangan angka pengangguran seluruh daerah di Indonesia,” kata Newin Hasan, Direktur Utama Carimodal.id.

Platform ini menjadi solusi atas permasalahan Anda terkait dengan kurangnya modal selama ini. Bergabung di Carimodal.id merupakan pilihan Anda. Tetapi solusi yang ditawarkan crowdfunding ini patut Anda terapkan.(rel)