Home / BERITA TERBARU / Astra Honda Safety Riding Instructor Competition Rampung Digelar

Astra Honda Safety Riding Instructor Competition Rampung Digelar

Foto bersama peserta Astra Honda Riding Instructor Competition di MPM Safety Riding Center, Surabaya.

KLIKKABAR.COM, SURABAYA – PT Astra Honda Motor (AHM) menguatkan komitmennya dalam kampanye keselamatan berkendara dengan kembali menggelar Astra Honda Safety Riding Instructor Competition (AH-SRIC) di MPM Safety Riding Center, Surabaya. Gelaran tahunan ini kini dibuka semakin luas untuk para duta keselamatan berkendara di jaringan penjualan maupun komunitas Honda dari seluruh Indonesia.

AH-SRIC digelar AHM sejak 2007 untuk meningkatkan dan menguji keterampilan instruktur safety ridingHonda dari seluruh Indonesia. Para duta keselamatan berkendara ini memiliki kepedulian tinggi untukmenularkan ilmu keselamatan berkendara kepada masyarakat pengguna sepeda motor. Tahun ini, gelaran AH-SRIC 2017 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan menghadirkan untuk pertama kalinya kompetisi bagi advisor safety riding dari jaringan dealer Honda dan advisor wanita dari komunitas Honda yang berkompetisi di kelas skutik. Sebelumnya, kedua kelas ini dihadirkan di AH-SRIC sebagai kelas eksibisi dengan peserta terbatas. Selain itu, seluruh advisor safety riding Big Wing dealer Honda di seluruh Indonesia kini turut berkompetisi menjadi yang instruktur safety riding terbaik di kelas big bike.

Dalam AH-SRIC 2017, AHM membuka 6 kategori kelas, yaitu instruktur kelas big bike, instruktur kelas sport, instruktur kelas skutik, advisor dealer, advisorkomunitas kelas sport, dan advisor komunitas kelas skutik. Seluruh kelas yang dilombakan ini diikuti secara antusias oleh 150 instruktur safety riding main dealer Honda, 2.000 advisor safety riding dealer Honda, dan500 advisor safety riding komunitas Honda di seluruh wilayah di Indonesia. Seleksi di tingkat regional digelar oleh seluruh main dealer Honda dari Aceh hingga Papua pada periode Desember 2016 – Februari 2017.

Pada tingkat nasional (16-17/5), AH-SRIC 2017 diikuti oleh 66 instruktur safety riding Honda, yaitu 17 instruktur di kelas big bike, 39 instruktur untuk kelas sport, dan 10 instruktur wanita di kelas skutik. Untuk kelas khusus advisor safety riding dari jaringan dealer Honda, dibuka kompetisi untuk pertama kalinya bagi 23 advisor. Peran serta duta keselamatan berkendara dari komunitas Honda pada AH-SRIC 2017 diwakili 32advisor safety riding komunitas di kelas sport dan 19 wanita advisor safety riding komunitas di kelas skutik.

General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra mengungkapkanseiring semakin tingginya minat jaringan penjualan dan komunitas Honda untuk turut berperan serta menjadi duta keselamatan berkendara, tahun ini AHM memperluas kesempatan untuk menguji kompetisi safety riding di beberapa kelas baru untuk advisordealer dan advisor wanita dari komunitas Honda. Kelas baru ini diharapkan dapat memperluas jangkauan edukasi keselamatan berkendara, termasuk bagi kaum hawa pengguna sepeda motor.

“Kami ingin semakin dekat berkampanye keselamatan berkendara di tengah masyarakat. Kami berharap kompetisi ini dapat melahirkan instruktur safety ridingyang lebih banyak dengan kompetensi yang lebih baik,” ujarnya.

Dengan mengadopsi standar international kompetisisafety riding Honda, peserta AH-SRIC 2017 mengikuti beberapa ujian, yaitu safety riding knowledge terkait pengetahuan teknik berkendara dan peraturan lalu lintas, coaching skill yang menguji kemampuaninstruktur dalam mengajar, braking skill yaitu uji pengereman dengan jarak tertentu, riding plank skillyang merupakan uji keseimbangan di atas narrow plank, dan slalom course skill yang mengujikeseluruhan keterampilan dalam sirkuit yang didesain khusus.

Dalam upaya semakin meningkatkan kompetisi safety riding instruktur Honda, AHM akan mengirimkan 2 peserta terbaik safety riding instructor dari kelas big bike dan 1 peserta terbaik pada kelas sport untuk mengikuti The 18th Safety Japan Instructors Competition di Jepang pada Oktober mendatang. Tiga peserta terbaik ini akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi mengukir prestasi terbaik di kancah International.

CARI AMAN

Dalam AH-SRIC 2017, AHM turut memperkuatkampanye keselamatan berkendara melalui tagline #Cari_Aman kepada para peserta. #Cari_aman merupakan bentuk kampanye keselamatan berkendara yang diusung oleh AHM dalam upaya menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda untuk ikut berkontribusi dalam kampanye keselamatan berkendara di Indonesia.

AH-SRIC 2017 diselenggarakan di MPM Safety Riding Center Surabaya yang merupakan salah satu dari 5 safety riding center (SRC) Honda di Indonesia. Selain Surabaya, SRC Honda terdapat di wilayah Banten, Tangerang, Jambi dan Yogyakarta. SRC Honda dapat digunakan masyarakat pengguna motor untuk belajar mengenai keselamatan berkendara yang akan didampingi oleh instruktur berpengalaman dalam safety riding.

Berikut hasil final gelaran Astra Honda Safety Riding Instructor Competition (AH-SRIC);

Advisor Community Sport.

1. Shochibul Karim, PT Mitra Pinasthika Mulia.
2. Indra Rahmat, Astra Motor Makasar.
3. Nur Hadi, Astra Motor Pontianak.

Instruktur – Sport.

1. Fendrik Alam Pribadi, PT Mitra Pinasthika Mulia.
2. Noval Yunaidi, Astra Motor Bengkulu.
3. Yosepth Klaudius Lisias D, Astra Motor Denpasar.

Big Bike.

1. Reza Novendri, PT Capella Dinamik Nusantara.
2. Isa Giant Imandra, Astra Motor Semarang.
3. Ibnu Fachrizal, Astra Motor Balikpapan.

Advisor Community Skutik (Wanita).

1. Irna Julianda, PT Capella Dinamik Nusantara.
2. Irma Wardani, PT Wahana Makmur Sejati.
3. Isniar Putri Kartika, PT Mitra Pinasthika Mulia.

Instruktur – Skutik (Wanita).

1. Heny Setyoningsih, PT Wahana Makmur Sejati.
2. Natalia Wahyu C, PT Mitra Pinasthika Mulia.
3. Novara dita PT Capella Dinamik Nusantara.

Asvisor Dealer.

1. Rio Irawan PT Capella Dinamik Nusantara.
2. Andi Suganda Astra Motor Bengkulu.
3. Dhandy Astra Motor Pontianak.

REPORTER : ZAMZAMI ALI